Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MATERI DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII SEMESTER GANJIL

NATASA, PAMELA (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MATERI DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII SEMESTER GANJIL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MATERI DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK GURU MATEMATIKA SEKOLA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The previous study shows that mathematics teacher in regard to UNESCO six aspects of ICT readiness, are in state of ready for using ICTs devices for teaching and learning. The study emphasize that the teacher need to be empowered to use their own mobile devices for use in mathematics teaching and learning. Two important components are learning resources and learning design. This research aims to develop learning resources and learning designs mobile application based on Android and its XML-based maps for use by 8th grade mathematics teacher, as a product to optimize teacher readiness in using mobile devices. The development model used consists of seven steps, they are: 1) User Need Analysis, 2) Researcher as Developer Capability, 3) Design, 4) Concept, 5) Development, 6) Expert Judgement, 7) Field Testing in Natural Setting Environment. This research involved of six experts and six 8th grade mathematics teacher. The Android based mobile application and its XML-based maps already succesfully developed, and the product got a very good response by the teachers.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurohman, MamanUNSPECIFIED
Thesis advisorIskandar, KhairidaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa guru matematika di Banten telah siap dalam implementasi penggunaan perangkat mobile pada pembelajaran berdasarkan keenam aspek indikator kesiapan menurut UNESCO. Penelitian tersebut menekankan bahwa guru perlu menggunakan perangkat mobile-nya sendiri dalam pembelajaran. Terdapat dua komponen penting pada pembelajaran yaitu materi dan desain pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi mobile serta peta konten desain dan sumber materi pembelajaran pada perangkat mobile berbasis Android untuk guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai bentuk untuk mengoptimalisasi kesiapan guru dalam menggunakan perangkat mobile pada pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan terdiri dari 7 langkah: 1) Kebutuhan; 2) Kemampuan; 3) Desain; 4) Konsep; 5) Pengembangan; 6) Uji Ahli; 7) Uji coba di lingkungan alami pengguna. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 6 orang ahli serta 6 orang guru matematika SMP kelas VIII. Berdasarkan respon guru, diketahui bahwa aplikasi mobile serta peta konten mendapatkan penilaian yang sangat baik menurut guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:34
Last Modified: 28 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3912

Actions (login required)

View Item View Item