Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TRANSFORMASI FILM DAN TEKNIK COPY THE MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018

KATLIN, LARISSA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TRANSFORMASI FILM DAN TEKNIK COPY THE MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TRANSFORMASI FILM DAN TEKNIK COPY THE MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MEN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study aims to determine the level of differences in writing short story text skills using film transformation learning techniques and copy the master learning techniques. The population of this study is all students of class XI IPS SMA Negeri 2 Serang City Academic Year 2017/2018 in semester 1 (Odd) amounted to 253 students, while the sample used in this study by using simple random sampling technique for 60 students, the class XI IPS 3 with the number of students as many as 30 students as a class given the technique of film transformation learning (experiment) and class XI IPS 2 with the number of students as many as 30 students as a class who were given master master learning (control). Data collection techniques used in this study is a treated techniques, which is a short story text writing test. The result of the test difference of the average of the final test is done by using two party t test with significant level (= 0,05). Result of calculating of ttable value with dk= n1 + n2 – 2= 30 + 30 – 2= 58, ttable= 2,002 and tcount= 4,46 with criterion if –ttable < tcount < ttable then Ho is rejected and if –ttable < tcount > ttable then Ha is a accepted. From the calculating results obtained -2,002 < 4,66 > 2,002 then in accordance with the criteria of test –ttable < tcount > ttable then Ha accepted. That is, there are difference in the use of film transformation learning techniques and copy the master learning techniques on the skills of the writing short stories students of class XI SMA Negeri 2 Kota Serang. It can be concluded based on data of learning outcomes that have an increase in the value of posttest in the classroom who using film transformation learning techniques that have a difference of 10 points with the average grade that uses film transformation techniques and classroom who using copy the master learning techniques that is 77,7 > 68,2. Thus, it was found that the learning skill of writing short story text would be better if applying transformation film learning technique.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHusnul Mawadah, AdeUNSPECIFIED
Thesis advisorHadiansyah, FirmanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik pembelajaran transformasi film dan teknik pembelajaran copy the master. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2017/2018 pada semester 1 (Ganjil) sejumlah 253 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling sejumlah 60 siswa, yaitu kelas XI IPS 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan teknik pembelajaran transformasi film (eksperimen) dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan teknik pembelajaran copy the master (kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu berupa tes menulis teks cerpen. Hasil uji perbedaan rata-rata tes akhir dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan (= 0,05). Hasil perhitungan nilai ttabel dengan dk= n1 + n2 – 2= 30 + 3 – 2= 58, ttabel = 2,002 dan thitung= 4,66 dengan kriteria jika -ttabel < thitung < ttabel maka Ho ditolak dan jika -ttabel < thitung > ttabel maka Ha diterima. Dari hasil perhitungan didapatkan -2,002 < 4,66 > 2,002 maka sesuai dengan kriteria pengujian -ttabel < thitung > ttabel maka Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan dalam penggunaan teknik pembelajaran transformasi film dan teknik pembelajaran copy the master terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Serang. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan data hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan pada nilai posttest di kelas yang menggunakan teknik pembelajaran transformasi film yang memiliki selisih 10 point dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan teknik pembelajaran transformasi film dan kelas yang menggunakan teknik pembelajaran copy the master yaitu 77,7 > 68,2. Maka, didapatkan temuan bahwa pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen akan lebih baik bila menerapkan teknik pembelajaran transformasi film.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:31
Last Modified: 28 Oct 2021 02:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item