Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PARAFRASTIS TEATERIKALISASI PUISI DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2016-2017

AISIYAH, YULIA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PARAFRASTIS TEATERIKALISASI PUISI DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2016-2017. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PARAFRASTIS TEATERIKALISASI PUISI DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to: (1) See the influence of learning poetry appreciation by using the method of Teaterikalisasi Parafrastis to the ability of poetry appreciation of students of class X SMA Negeri 6 Serang City Academic Year 2016-2017, (2) Knowing the influence of learning poetic appreciation using Quantum Learning method against the ability of poetry appreciation of the students of class X SMA Negeri 6 Serang City Academic Year 2016-2017, and (3) Knowing the difference of learning poetry appreciation by using method Parafrastis Teaterikalisasi and Quantum Learning method to the ability of poetry appreciation of students of class X SMA Negeri 6 Serang City Academic Year 2016 -2017. This study includes the type of quantitative research using descriptive approach. The sample of this research is class X MIPA 1 as experiment class and class X MIPA 2 as control class taken by cluster random sampling technique. Technique of collecting data using poetry appreciation test. Instrument validity test using content validity test, while reliability test using alpha coefficient.The results showed that: (1) there was a difference between the ability to appreciate the poems of students before and after using the theatrical paraphysicalization method of poetry during the lesson and the mean posttest score was 65; (2) there was a difference between the ability to appreciate the students' poetry before and after using the method Quantum Learning during the learning takes place and the average value of posttest is 76, (3) there is a significant difference between the learning by using theatrical methods of poetry theaterization and Quantum Learning on the ability of poetry appreciation of grade X students of SMA Negeri 6 Serang City, Class using Quantum method Learning to get an average score of 76 and a class using the method of Parafastic Teatrikalisasi Poetry get an average score of 65. In addition, this difference can also be seen from the results of the hypothesis that the value t_hitung in the class that uses the method of quantum learning more ar is 8,484 than the class using theatricalisation parafrastic method is 6,406.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, TatuUNSPECIFIED
Thesis advisorHerwan, HerwanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Melihat pengaruh pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan metode Parafrastis Teaterikalisasi terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2016-2017, (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan metode Quantum Learning terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2016-2017, dan (3) Mengetahui perbedaan pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan metode Parafrastis Teaterikalisasi dan metode Quantum Learning terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2016- 2017.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tingkat apresiasi puisi. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara kemampuan mengapresiasi puisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode parafrastis teaterikalisasi puisi saat pembelajaran berlangsung dan nilai rata-rata posttest adalah 65, (2) terdapat perbedaan antara kemampuan mengapresiasi puisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Quantum Learning saat pembelajaran berlangsung dan nilai rata-rata posttest adalah 76, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan metode parafrastis teaterikalisasi puisi dan Quantum Learning terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang, Kelas yang menggunakan metode Quantum Learning mendapatkan skor rata-rata 76 dan kelas yang menggunakan metode Parafrastis Teatrikalisasi Puisi mendapatkan skor rata-rata sebesar 65. Selain itu perbedaan ini juga dapat dilihat dari hasil hipotesis yang menunjukan bahwa nilai pada kelas yang menggunakan metode quantum learning lebih besar yaitu 8.484 daripada kelas yang menggunakan metode parafrastis teaterikalisasi yaitu sebesar 6.406
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:22
Last Modified: 28 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item