Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL PULAU TUNDA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XII PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 CIKANDE

RUSMIYATI, IIS (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL PULAU TUNDA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XII PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 CIKANDE. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL PULAU TUNDA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

This research was aimed to determine the Influence Tunda Island’s Local Potential based of Learning Towards Student's Creative Thinking Ability On Biotechnology Concept In Sman 1 Cikande . This research was a quasiexperimental research that use posttest-only control design. Free variable in this research was Learning With The Use Of Local Potential In Tunda Island and bound variable is students’ creative thinking ability. The population in this research were all students of XII grade SMAN 1 Cikande academic year 2016/2017. The sample of this research consisted of two class, XII IPA 2 as a experimental class and XII IPA 3 as a control class. The sampling techniques conducted by simple random sampling techniques. Data which collected by posttest to measure the students’ creative thinking ability were analyzed using t test (t-test). The result showed that there is an influence of Learning With The Use Of Local Potential In Tunda Island toward students’ creative thinking ability on Biotechnology concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGia Syauqiyah Fitri, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pemanfaatan potensi lokal Pulau Tunda terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII pada konsep bioteknologi. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemanfaatan potensi lokal Pulau Tunda sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Cikande tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dan angket respon siswa Hasil kemampuan berpikir kreatif dianalisis menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan pemanfaatan potensi lokal Pulau Tunda terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep bioteknologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:16
Last Modified: 28 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item