Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

SUMIATI, NIRTA (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

NIRTA SUMIATI. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis kategori tinggi, sedang, dan rendah dengan model PBL. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan subjek penelitian ini adalah kelas VII di SMPN 13 Kota Serang. Adapun pemilihan subjek tersebut dengan menggunakan teknik purposive sampling, Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi, 2 orang siswa kategori sedang, dan 2 orang siswa kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa : (1) siswa yang memiliki kemampuan Berpikir Kreatif matematis tinggi dapat menguasai keempat indikator Berpikir Kreatif yang ditentukan dalam penelitian yaitu berpikir lancar, luwes, orisinil dan elaborasi. Pembelajaran dengan model PBL juga cocok jika diterapkan pada kategori tinggi, (2) Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang kurang dapat menguasai semua indikator kemampuan berpikir kreatif. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang hanya mampu menguasai dua dari empat indikator yang telah ditetapkan, yaitu indikator pertama berpikir lancar dan indikator keempat elaborasi. Pembelajaran dengan model PBL cukup tepat jika diterapkan pada kategori ini, (3) Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah hanya menguasai satu indikator yaitu indikator berpikir lancar. untuk indikator berpikir luwes, orisinil dan elaborasi kurang menguasainya. Pembelajaran dengan model PBL kurang cocok jika diterapkan pada kategori ini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Additional Information: NIRTA SUMIATI. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis kategori tinggi, sedang, dan rendah dengan model PBL. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan subjek penelitian ini adalah kelas VII di SMPN 13 Kota Serang. Adapun pemilihan subjek tersebut dengan menggunakan teknik purposive sampling, Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi, 2 orang siswa kategori sedang, dan 2 orang siswa kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa : (1) siswa yang memiliki kemampuan Berpikir Kreatif matematis tinggi dapat menguasai keempat indikator Berpikir Kreatif yang ditentukan dalam penelitian yaitu berpikir lancar, luwes, orisinil dan elaborasi. Pembelajaran dengan model PBL juga cocok jika diterapkan pada kategori tinggi, (2) Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang kurang dapat menguasai semua indikator kemampuan berpikir kreatif. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang hanya mampu menguasai dua dari empat indikator yang telah ditetapkan, yaitu indikator pertama berpikir lancar dan indikator keempat elaborasi. Pembelajaran dengan model PBL cukup tepat jika diterapkan pada kategori ini, (3) Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah hanya menguasai satu indikator yaitu indikator berpikir lancar. untuk indikator berpikir luwes, orisinil dan elaborasi kurang menguasainya. Pembelajaran dengan model PBL kurang cocok jika diterapkan pada kategori ini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:10
Last Modified: 28 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item