Wahyu Ningsih, Evi (2024) Implementasi Hafalan Surat-Surat Pendek Pada Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Membentuk Karakter Religius. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_01.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_02.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_03.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_04.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_05.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_Reff.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text
EVI WAHYU NINGSIH_2228200046_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Evi wahyu ningsih_2228200046_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
The implementation of memorizing short letters in the habituation of dhuha prayers in shaping the religious character of children aged 5-6 years at Tirtyasa Islamic Kindergarten Serang-Banten has been implemented well. This study aims to determine the implementation of memorizing short letters in the habituation of dhuha prayers in shaping children's religious character. This study uses qualitative research methods conducted on children aged 5-6 years in group B1 with a total of 11 children consisting of 6 boys and 5 girls. Data collection techniques through observation, field notes, interviews, and documentation. Data validity tests carried out by means of extended participation, persistence / persistence of observation, triangulation / combination, member check, negative case analysis, checking or peer discussion. The results of data analysis state that 1. The planning of memorizing short letters in the habituation of dhuha prayers in shaping the religious character of children aged 5-6 at Islamic Kindergarten is well planned with the existence of lesson plans, 2. The implementation of memorizing short letters in the habituation of dhuha prayers in shaping the religious character of children aged 5-6 years at Tirtayasa Islamic Kindergarten is quite good and has a positive impact in shaping children's religious character, 3. There are 2 evaluations Evaluation of memorizing short letters in the habituation of dhuha prayers in shaping children's religious character at Tirtayasa Islamic Kindergarten, namely evaluation (special and general), special evaluation is carried out one week.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Implementasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtyasa SerangBanten sudah dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 dengan jumlah anak sebanyak 11 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan, ketekunan/ keajegan pengamatan, triangulasi/ gabungan, member check, analisis kasus negatif, pengecekan atau diskusi teman sejawat. Hasil analisis data menyatakan bahwa 1. Perencanaan hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak usia 5-6 di TK Islam sudah terencana dengan baik dengan adanya RPPH, 2. Pelaksanaan hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa sudah cukup baik dan berdampak positif dalam membentuk karakter religius anak , 3. Terdapat 2 evaluasi Evaluasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak di TK Islam Tirtayasa yaitu evaluasi (khusus dan umum), evaluasi khusus dilaksanakan satu minggu sekali dan untuk evaluasi umum dilaksanakan 2x dalam setahun, 4. Faktor pendukung implementasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak menunjukkan bahwa terlaksananya implementasi hafalan surat-surat pendek yaitu karena dari pihak sekolah, guru dan juga orang tua, 5. Faktor penghambat implementasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak menunjukkan karena dua faktor yaitu faktor dari anak dan orang tua, 6. Solusi faktor penghambat implementasi hafalan surat-surat pendek pada pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius anak di TK Islam Tirtayasa sudah cukup baik dalam meningkatkan minat menghafal anak, memberi motivasi kepada anak dan untuk solusi lainnya guru memerlukan kerjasama yang baik dengan orang tua. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Memorization of short letters, Habituation of dhuha prayer, Religious character, 5-6 year old children Hafalan surat-surat pendek, Pembiasaan shalat dhuha, Karakter religius, Anak Usia 5-6 Tahun | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Evi EWN Wahyu Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 14:47 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 14:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38988 |
Actions (login required)
View Item |