Azhar, Ahmad Zakaria (2024) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Muslim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Skripsi)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_01.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab 2)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_02.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (Bab 3)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_03.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (Bab 4)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_04.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (Bab 5)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_05.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_ref.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
Ahmad Zakaria Azhar_5554190034_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal pada mahasiswa muslim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pada penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui maka dari itu peneliti menggunakan rumus Cochran untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 101 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan skala Likert sebagai teknik pengukuran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara daring menggunakan Google Form yang selanjutnya diuji secara parsial (uji T) dan diuji secara simultan (uji F) menggunakan SPSS 25. Hasil dari uji regresi linier berganda pada penelitian ini yakni Y=7,845+0,189 X1+0,313 X2+0,300 X3+e dari hasil tersebut didapatkan bahwa variabel sertifikasi halal (X1) berpengaruh sebesar 0,189 terhadap minat beli (Y), variabel kesadaran halal (X2) berpengaruh sebesar 0,313 terhadap minat beli (Y), dan variabel bahan makanan berpengaruh sebesar 0,300 terhadap minat beli (Y). secara uji parsial (uji T) pada variabel sertifikasi halal (X1) adalah sebesar 1,707 dengan arah negatif. Oleh karena itu t hitung < t tabel (1,707 < 1,98), hal ini berarti variabel sertifikasi halal (X1) mempunyai pengaruh negatif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,091 > 0,05 maka dapat dikatakan tidak memiliki pengaruh signifikan. Pada variabel kesadaran halal (X2) adalah sebesar 2,747 ke arah positif. Oleh karena itu t hitung > t tabel (2,747 > 1,98), hal ini berarti variabel kesadaran halal (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,007 > 0,05 maka dapat dikatakan memiliki pengaruh signifikan. Dan pada variabel bahan makanan (X3) adalah sebesar 3,368. Oleh karena itu t hitung > t tabel (3,368 > 1,98), hal ini berarti variabel bahan makanan (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat dikatakan memiliki pengaruh signifikan. Hasil uji simultan (Uji F) didapatkan hasil dari F hitung adalah 10,564 dengan nilai F tabel adalah 2,70 (Df1 =k-1, Df2=n-k) yang menjadikan F hitung > F tabel (10,564 > 2,70) maka dapat dikatakan variabel sertifikasi halal (X1), kesadaran halal (X2), dan bahan makanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli (Y). Kemudian dari uji determinasi (R square : 0,254) menunjukkan Sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 25,4% sedangkan sisanya 74,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal pada mahasiswa muslim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pada penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui maka dari itu peneliti menggunakan rumus Cochran untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 101 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan skala Likert sebagai teknik pengukuran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara daring menggunakan Google Form yang selanjutnya diuji secara parsial (uji T) dan diuji secara simultan (uji F) menggunakan SPSS 25. Hasil dari uji regresi linier berganda pada penelitian ini yakni Y=7,845+0,189 X1+0,313 X2+0,300 X3+e dari hasil tersebut didapatkan bahwa variabel sertifikasi halal (X1) berpengaruh sebesar 0,189 terhadap minat beli (Y), variabel kesadaran halal (X2) berpengaruh sebesar 0,313 terhadap minat beli (Y), dan variabel bahan makanan berpengaruh sebesar 0,300 terhadap minat beli (Y). secara uji parsial (uji T) pada variabel sertifikasi halal (X1) adalah sebesar 1,707 dengan arah negatif. Oleh karena itu t hitung < t tabel (1,707 < 1,98), hal ini berarti variabel sertifikasi halal (X1) mempunyai pengaruh negatif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,091 > 0,05 maka dapat dikatakan tidak memiliki pengaruh signifikan. Pada variabel kesadaran halal (X2) adalah sebesar 2,747 ke arah positif. Oleh karena itu t hitung > t tabel (2,747 > 1,98), hal ini berarti variabel kesadaran halal (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,007 > 0,05 maka dapat dikatakan memiliki pengaruh signifikan. Dan pada variabel bahan makanan (X3) adalah sebesar 3,368. Oleh karena itu t hitung > t tabel (3,368 > 1,98), hal ini berarti variabel bahan makanan (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli (Y). Dan juga memiliki nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat dikatakan memiliki pengaruh signifikan. Hasil uji simultan (Uji F) didapatkan hasil dari F hitung adalah 10,564 dengan nilai F tabel adalah 2,70 (Df1 =k-1, Df2=n-k) yang menjadikan F hitung > F tabel (10,564 > 2,70) maka dapat dikatakan variabel sertifikasi halal (X1), kesadaran halal (X2), dan bahan makanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli (Y). Kemudian dari uji determinasi (R square : 0,254) menunjukkan Sertifikasi halal, kesadaran halal dan bahan makanan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 25,4% sedangkan sisanya 74,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini. | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions | |||||||||
Divisions: | 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah |
|||||||||
Depositing User: | Ahmad Zakaria Azhar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 15:55 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 15:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38913 |
Actions (login required)
View Item |