Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH LAJU ALIR UDARA DAN DOSIS FROTHER TERHADAP RECOVERY HASIL PROSES FLOTASI KOLOM BIJIH SPHALERITE: MONITORING DI SUMBU AKSIAL MENGGUNAKAN KAMERA

Ihsan, Mochamad Kamal (2018) PENGARUH LAJU ALIR UDARA DAN DOSIS FROTHER TERHADAP RECOVERY HASIL PROSES FLOTASI KOLOM BIJIH SPHALERITE: MONITORING DI SUMBU AKSIAL MENGGUNAKAN KAMERA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Draft Skripsi - Mochamad Kamal Ihsan - 3334141328.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak - Mochamad Kamal Ihsan - 3334141328.pdf

Download (11kB)

Abstract

Sphalerite (ZnS) merupakan mineral yang biasa digunakan untuk memproduksi logam seng. ZnS di alam biasa bergabung dengan mineral pengotor seperti silika. Salah satu cara untuk memisahkan antara ZnS dengan pengotornya adalah menggunakan proses flotasi kolom. Flotasi kolom merupakan proses konsentrasi mineral yang memanfaatkan perbedaan sifat permukaan mineral. Performa metalurgi dari proses flotasi kolom dinyatakan dalam persen recovery. Salah satu cara untuk mengamati nilai recovery proses flotasi kolom adalah dengan mengamati karakteristik gelembung serta interaksinya dengan partikel mineral. Teknologi yang umum digunakan adalah Machine Vision namun teknologi ini hanya mengamati karakteristik gelembung pada forth zone dan mengabaikan collection zone. Pengamatan di collection zone menjadi sangat penting dilakukan untuk mengamati performa metalurgi proses flotasi kolom. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kolom flotasi skala laboratorium dengan diameter dalam kolom 4,6 cm dan tinggi kolom 150 cm serta ceramic sparger dengan tipe porous. Variabel yang diatur: dosis frother 10, 20, 30, dan 40 ppm serta laju alir udara (Qg) 2-4 L/min dengan interval 0,5 L/min. Proses Monitoring dilakukan selama 10 menit menggunakan kamera berkecepatan tinggi (HFR) di collection zone. Nilai gas holdup hasil proses monitoring cenderung mengalami peningkatan seiring meningkatnya dosis frother dan Qg selama aliran udara dalam kolom masih bubbly flow hingga titik transisi (3 L/min). Setelah titik transisi terlewati terjadi fluktuasi nilai gas holdup. Nilai recovery memiliki kecenderungan meningkat dengan peningkatan nilai gas holdup akibat perubahan variabel operasi. Pendekatan polinomial pada hasil proses flotasi kolom menunjukkan bahwa variasi dosis frother dan Qg memiliki hubungan dengan nilai gas holdup yang mempengaruhi nilai recovery sebesar 96,47%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoesaptri, OediyaniUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, DidiedUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: flotasi kolom, monitoring, kamera, recovery, gas holdup.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2024 11:33
Last Modified: 22 Jul 2024 11:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38851

Actions (login required)

View Item View Item