SAFUROH, SAFUROH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA SERANG PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KE.PDF Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
This research aimed to observe the influence of cooperative learning model time token type towards communication ability (oral and written) and students’ response towards time token cooperative learning model of class VII towards environment pollution concept. The method used quasy experiment with randomize control group posttest only research design. This research was held in SMP Negeri 1 Serang class VII 2nd semester academic year of 2016/2017. The sampling technique used in this research was simple random sampling with class 7G as experiment class which time token was implemented and class 7H as control class. Students’ oral communication ability on experiment class with good category (67.19 %), control class with fair category (58.9 %) and students written communication on experiment class with good category (67.86 %) and on control class with fair category (56.64 %). The result of hypothesis test analysis by using t test on significant level α = 0.05, significance value result was (0.003) < 0.05 Ho rejected for oral communication ability and significance value result was (0.000) < 0.05 Ho rejected for written communication ability, therefore it can be concluded that there was influence of cooperative learning model time token type towards communication ability of class 7 students of SMP Negeri 1 Serang on environment pollution concept. The students’ response on cooperative learning model time token type obtained by percentage of 83.11 with good category.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap kemampuan berkomunikasi (lisan dan tulisan) dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif time token kelas VII pada konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomize control group posstest only. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Serang kelas VII semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model time token dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Kemampuan komunikasi lisan siswa pada kelas eksperimen dengan kategori baik (67,19 %), kelas kontrol dengan kategori cukup (58,9 %) dan komunikasi tulisan siswa pada kelas eksperimen dengan kategori baik (67,86 %), di kelas kontrol dengan kategori cukup (56,64 %). Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai siginifikansi (0,003) < 0,05 Ho ditolak untuk kemampuan komunikasi lisan dan kemampuan tulisan diperoleh nilai signifikansi (0,000) < 0,05 Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Serang pada konsep pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe time token memperoleh persentase 83,11 dengan kategori baik. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 06:13 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3877 |
Actions (login required)
View Item |