NURFADLIYAH, NURFADLIYAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA KONSE.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
The aim of this research was to determine the effect of guided inquiry model learning to words students’ science literacy in the concept of human digestive system. The method use in this research was quasi experiment with randomized control group pretest-posttest design. The population of this research were student of grade XI IPA SMA Prisma Kota Serang. The sample in this research sampling by simple random sampling. The result showed that scientific literacy of experiment class with N-gain value 0,47, while the result scientific literacy of control class with N-gain value 0,34. The ability of students’ science literacy classes as well experimental control included in the moderate category. Based on the result of the independent sample t-test with a significance level of 0,05 indicates the value of significance (2-tailed) is 0,048. The result showed that of Ngain of students’ scientific literacy in experiment class and control class significantly different. This means the use of guided inquiry learning models did effect of students’ science literacy.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experiment) dengan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Prisma Kota Serang dengan sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kemampuan literasi sains siswa diukur dengan menggunakan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen diperoleh nilai N-gain sebesar 0,47, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,34. Peningkatan literasi sains siswa kelas eksperimen maupun kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan besarnya nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,048. Nilai Ngain kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukkan hasil yang berbeda signifikan. Ini berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 06:04 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3873 |
Actions (login required)
View Item |