Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA UBIN ALJABAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Al-Khairiyah Pengampelan)

UMROH, DESIYATUL (2013) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA UBIN ALJABAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Al-Khairiyah Pengampelan). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK DESIYATUL UMROH., Pembelajaran Matematika Melalui Alat Peraga Ubin Aljabar Dengan Metode Co-op Co-op untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, salah satunya adalah penggunaan alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Bagaimana sikap siswa terhadap pelajaran matematika melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Khairiyah Pengampelan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pelajaran matematika melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode coop co-op. Kata Kunci : Alat Peraga Ubin Aljabar, Metode Co-op Co-op, Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Ubin Aljabar, Metode Co-op Co-op, Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 05:06
Last Modified: 27 Oct 2021 05:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item