Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DAN KUALITAS PRODUK SWRM 8 MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA DAN TAGUCHI

NOVITASARI, AYU (2018) ANALISIS PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DAN KUALITAS PRODUK SWRM 8 MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA DAN TAGUCHI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL SKRIPSI AYU NOVITASARI (3333141377).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI AYU NOVITASARI (3333141377).pdf

Download (633kB)

Abstract

PT XYZ adalah salah satu badan usaha milik negara (BUMN) pengolah baja terbesar di Indonesia, yang memiliki unit-unit yang saling mendukung satu sama lain. Salah satunya yaitu pabrik baja batang kawat (WRM) yang memproduksi produk SWRM 8. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan proses produksi yang optimal dan mengurangi cacat produk SWRM 8. Penyelesaian masalah pada penelitian ini menggunakan metode lean six sigma dengan siklus DMAIC dan pada usulan perbaikan pertama yaitu mereduksi waktu pada aktivitas yang termasuk kedalam waste melalui value stream mapping sedangkan usulan perbaikan kedua menggunakan metode taguchi untuk mengurangi cacat. Berdasarkan identifikasi seven waste, waste yang paling dominan adalah waste defect. Pada produk SWRM 8 terdapat 11 CTQ, dengan memfokuskan pada cacat laps, cacat underfill, dan cacat overfill kemudian mengidentifikasi penyebab kegagalan menggunakan FMEA. Tingkat kapabilitas sigma yang dicapai 4,543 dengan nilai DPMO 4006,549. Usulan perbaikan pertama memberikan petunjuk arah jalan masuk dan keluar kendaraan sehingga berkurang waktu transportasi dari pemeriksaan billet ke gudang bahan baku sebesar 3,2 menit, membersihkan magnet pada crane magnet 401 dari tatal billet sehingga berkurang waktu pemindahan muatan billet kegudang bahan baku sebesar 1,1 menit dan transportasi billet dari gudang bahan baku ke pemeriksaan nomor hit billet sehingga berkurang sebesar 2,02 menit. Mereduksi waktu pemeriksaan nomor hit billet dengan cara memposisikan nomor hit billet menghadap pulpit sehingga waktu berkurang 2,6 menit. Usulan kedua menentukan standar setting roll entry guide. Adapun faktor-faktor optimal yang didapatkan diantaranya faktor A level 1 (tingkat keausan roll entry guide 150 tonase), faktor C level 2 (pendinginan 5 bar) faktor dan D level 2 (pelumasan 6 cc).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRidwan, AsepUNSPECIFIED
Thesis advisorEkawati, RatnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Critical to quality, DMAIC, DPMO, FMEA, Lean six sigma, Seven waste, Taguchi, Value stream mapping
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jul 2024 15:51
Last Modified: 16 Jul 2024 15:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38614

Actions (login required)

View Item View Item