Syamsa Ramadhan, Mutiara (2024) PENGARUH PERMAINAN BAHASA SIMAK-TERKA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_02.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_03.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_04.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_05.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_Reff.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Mutiara Syamsa Ramadhan_2228200033_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Listen attentively to receive, capture, understand, and remember the information presented. This study aims to determine the effect of guessing language games on the receptive listening language abilities of children aged 5-6 years. The research was conducted at Kindergarten Putra II, Serang City. The method used in this research is quasi-experimental research with a nonequivalent control group design with a sample of 30 children, an experimental group with a sample of 15 children, and a control group with a sample of 15 children. The instrument used in this research was an observation guide with data analysis using the SPSS 22 program. The results of this study showed that the average score for the control group children's receptive listening language skills during the pretest was 46.87, while the experimental group got an average score of 45.60. Meanwhile, the posttest result for the control group was 46.33, while the experimental group got an average score of 52.07. This shows that there is an influence of guessing language games on the receptive listening language abilities of children aged 5-6 years. It can be concluded that the listening-guessing language game can influence the receptive listening language skills of children aged 5-6 years at Kindergarten Putra II, Serang City.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kemampuan bahasa reseptif menyimak merupakan kegiatan aktif dalam mendengarkan dengan penuh perhatian untuk menerima, menangkap, memahami, dan mengingat informasi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bahasa simak-terka terhadap kemampuan bahasa reseptif menyimak anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan di TK Putra II Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan sampel 30 anak, kelompok eksperimen dengan sampel 15 anak, dan kelompok kontrol dengan sampel 15 anak. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan bahasa reseptif menyimak anak kelompok kontrol saat pretest sebesar 46,87, sedangkan kelompok ekperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45,60. Sementara itu hasil posttest untuk kelompok kontrol sebesar 46,33, sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 52,07. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan bahasa simak-terka terhadap kemampuan bahasa reseptif menyimak anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan bahasa simak-terka dapat mempengaruhi kemampuan bahasa reseptif menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Putra II Kota Serang | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Listen-Guess Language Game, Listening Receptive Language Ability, Children Aged 5-6 Years Permainan Bahasa Simak-Terka, Kemampuan Bahasa Reseptif Menyimak, Anak Usia 5-6 Tahun | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Mutiara Syamsa | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 13:00 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 13:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38594 |
Actions (login required)
View Item |