Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SCRAP IMPORT DENGAN MODEL P BACKORDER MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO DAN SISTEM DINAMIS (Studi Kasus: PT XYZ)

RISMAWAN, MAULANA BAGUS (2018) USULAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SCRAP IMPORT DENGAN MODEL P BACKORDER MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO DAN SISTEM DINAMIS (Studi Kasus: PT XYZ). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Skripsi Maulana FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur pembuatan baja yang salah satunya terdapat divisi SSP. Divisi SSP menghasilkan produk baja slab yang salah satu bahan bakunya adalah scrap. Permintaan perusahaan ini bersifat probabilistik dan dinamis, dimana tingkat pemakaian bahan baku tiap tahun tidak tetap dan menyebabkan persediaan bahan baku yang berlebihan atau kekurangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sistem persediaan probabilistik model p untuk menentukan biaya minimum dengan waktu antar pemesanan yang tetap. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan persediaan bahan baku berdasarkan interval waktu pemesanan, safety stock dan kapasitas maksimum serta membandingkan ongkos total persediaan eksisting dengan simulasi monte carlo dan dilakukan perbandingan dengan simulasi sistem dinamis. Dari hasil yang didapat ongkos total persediaan dengan simulasi monte carlo lebih baik dari ongkos total tanpa monte carlo, yaitu dengan ongkos total persediaan sebesar Rp.299.837.846.308 denan interval waktu pemesanan 0,05227 tahun atau 19 hari, kapasitas inventori maksimum sebesar 51806,11645 ton dan safety stock sebesar 43549,96401 ton. Selanjutnya dilakukan simulasi sistem dinamis dengan menggunakan software powersim. Dari hasil ongkos total persediaan dengan simulasi sistem dinamis dilakukan perbandingan dengan menggunakan one sample T-test. Dari hasil tersebut didapatkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil simulasi sistem dinamis dengan hasil dari perhtungan model p, karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 0,298 < 2,262. Sehingga kebijakan model p dapat diterapkan pada PT XYZ untuk menentukan biaya minimum persediaan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRidwan, AsepUNSPECIFIED
Thesis advisorFebianti, eviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persediaan, Model P Backorder, Monte Carlo, Sistem Dinamis, Powersim
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jul 2024 11:49
Last Modified: 16 Jul 2024 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38573

Actions (login required)

View Item View Item