RAMADHANI ROSELIEN, ANISA (2024) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH ALTERNATIF ANAK JALANAN (SAAJA) JAKARTA SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_02.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_03.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_04.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_05.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_Reff.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
ANISA RAMADHANI ROSELIEN_2221200060_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
This study aims to describe (1) the process of parental involvement in the education of children at the South Jakarta Street Children's Alternative School (SAAJA) and (2) the supporting and inhibiting factors of parental involvement in their children's education at SAAJA. The research employed a qualitative approach with descriptive methods, utilizing observation, interviews, and documentation for data collection. The data sources included 8 respondents, all parents of street children attending SAAJA. The findings reveal that (1) the process of parental involvement, encompassing both physical and non-physical participation, is fraught with challenges due to a lack of understanding by the parents. They tend to participate or engage in only certain aspects of their child's activities, neglecting to guide other aspects. Non-physical parental participation is also not fully effective, with many parents lacking awareness of the importance of their involvement in influencing their child's learning outcomes and motivation, both at home and school. (2) As for the supporting and inhibiting factors, parental involvement is encouraged when parents feel supported by the school, tutors, and the children themselves working well together. Conversely, the main barrier is the parents' belief in the significance of their involvement in their child's education. Many parents feel they are only included by tutors when the child faces problems. Additionally, a lack of communication between tutors and parents, which should serve as a bridge, also hinders involvement.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses keterlibatan orang tua dalam Pendidikan Anak di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan serta (2) faktor pendukung dan faktor penghambat keterlibatan orang tua terhadap pendidikan anak di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 8 orang responden yang terdiri dari orang tua anak jalanan di sekolah SAAJA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses dari keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak yang melibatkan bentuk partisipasi orang tua secara fisik dan non fisik, dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua atau partisipasi orang tua dalam pendidikan anak secara fisik masih sangat banyak kendala yang orang tua kurang dalam memahami hal tersebut. Orang tua cenderung hanya memberikan partisipasi ataupun keterlibatan kegiatan pada satu aspek tertentu saja pada anak namun kurang mengarahkan kegiatan lainnya pada anak. Sedangkan pada partisipasi orang tua secara non fisik dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua ataupun partisipasi mereka terhadap pendidikan anak secara non fisik bisa dikatakan masih belum sepenuhnya efektif dan juga beberapa orang tua masih kurang memiliki kesadaran akan pentingnya kepedulian mereka terhadap berpengaruhnya hasil belajar dan semangat anak baik di rumah maupun di sekolah. (2) Sedangkan pada faktor pendukung dan penghambat dapat dikatakan faktor yang mendukung keterlibatan orang tua adalah ketika mereka merasa mendapat dukungan ketika sekolah maupun tutor serta anak itu sendiri dapat bekerjasama dengan baik. Sedangkan faktor penghambat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak ialah keyakinan orang tua tentang pentingnya keterlibatan mereka dalam pendidikan anak. Banyak orang tua merasa bahwa mereka hanya diikutsertakan oleh tutor saat anak mengalami masalah. Selain itu, kurangnya komunikasi antara tutor dan orang tua, yang seharusnya menjadi penghubung antara keduanya, juga menjadi penghambat. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Involvement, Parental Participation, Street Children Keterlibatan, Partisipasi Orang Tua, Anak Jalanan | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | ANISA RAMADHANI ROSELIEN | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 12:38 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 12:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38545 |
Actions (login required)
View Item |