Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RANCANG BANGUN SULTAN SAVONIUS WIND TURBINE V.2 DENGAN SUDU SAVONIUS BERBENTUK HELIX

RAMADHAN, ZACKY (2019) RANCANG BANGUN SULTAN SAVONIUS WIND TURBINE V.2 DENGAN SUDU SAVONIUS BERBENTUK HELIX. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Rancang Bangun Sultan Savonius Wind Turbine v.2 dengan sudu savonius berbentuk helix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (17).pdf

Download (135kB)

Abstract

Sultan Savonius Wind Turbine V.2 merupakan turbin angin sumbu vertical dengan tipe savonius. Turbin ini dilakukan peneltian untuk mengetahui variable – variabel performa nya, yang nantinya turbin ini akan dipasang pada Sultan Savonius Wind Turbine V.5. Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji nilai momen inersia dari Sultan Savonius Wind Turbine V.2 serta menguji performa dari Sultan Savonius Wind Turbine V.1 dengan variabel Tip Speed Ratio, kurva daya, Coefficient Of Performance (Cp) dan energi mekanik,untuk menguji nilai momen inersia dilakukan pengumpulan data dengan perekaman video rotor turbin pada bidang miring yang kemudian video tersebut di analisa menggunakan Freeware Tracker. Gerak rotor dilakukan proses Tracking untuk menghasilkan grafik data hubungan antara kecepatan dan waktu. Metode Tracking yang dilakukan yaitu Auto Tracking dan Manual Tracking. Grafik tersebut di-analisa dan menghasilkan nilai gradien A. Untuk menguji performa dilakukan pengambilan data secara Real Time selama 8 jam, dengam menggunakan sensor proximity dan anemometer, dan Arduino Mega. Interval pengambilan data selama 8 jam di-setting memiliki interval setiap 10 detik. Data yang didapatkan berupa Tanggal, Waktu, RPM poros dan RPM anemometer, Pada penelitian kali ini daya dan energi yang dihitung dibatasi pada daya dan energi mekanik. Hasil perhitungan dan analisa didapatkan bahwa nilai momen inersia dari Sultan Savonius Wind Turbine V.1 sebesar 0.75±0.01 Kgm 2 dan untuk pengujian performa didapatkan daya maksimal sebesar 1.575 Watt pada kecepatan angin 3 m/s, dan energi mekanik terbesar adalah 8.123 Wh pada kecepatan angin 2 m/s.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin, ErwinUNSPECIFIED
Thesis advisorWiyono, SlametUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bidang miring, coefficient of performance, software tracker, tracking, grafik kecepatan dan waktu, gradien A, kurva daya, nilai momen inersia, tip speed ratio.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 15:56
Last Modified: 15 Jul 2024 15:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38523

Actions (login required)

View Item View Item