Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PENERBITAN PASPOR TERPADU DENGAN METODE LEAN SERVICE (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon)

BUTAR, FAJAR RIDO BUTAR (2018) USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PENERBITAN PASPOR TERPADU DENGAN METODE LEAN SERVICE (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL EDITION COVER-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon merupakan Unit Pelayanan Teknis yang menjalankan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai pemberi pelayanan masyarakat publik dalam pengurusan hal-hal seperti dokumen perjalanan, visa dan fasilitas, ijin tinggal dan status intelijen, penyidikan dan penindakan, lintas batas dan kerjasama luar negeri serta sistem informasi keimigrasian. Berdasarkan data yang diperoleh, Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon mengeluarkan 6.340 Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI)/ Paspor. Dalam pelayanannya Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon terdapat 6 jenis pelayanan paspor. Dengan menggunakan konsep Lean service pada proses Penerbitan Paspor Terpadu maka akan diketahui aktivitas mana yang termasuk dalam kategori value added activities dan non value added activities yang selanjutnya akan dirancang usulan perbaikan untuk meningkatkan process cycle efficiency (PCE) pada proses Penerbitan Paspor Terpadu. Usulan perbaikan yang disarankan menggunakan konsep 5W+1H guna mereduksi aktivitas yang tergolong dalam kategori non value added dan necessary but not value added serta waste yang terjadi selama proses Penerbitan Paspor. Berdasarkan adanya perancangan usulan perbaikan pada proses Penerbitan Paspor maka didapatkan hasil nilai PCE current state sebesar 49,48% dan persentase PCE future state sebesar 68,67% yang berarti mengalami peningkatan efisiensi sebesar 19,19% dan mampu mereduksi lead time sebesar 137 menit dari 386 menit menjadi 249 menit

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFerdinant, putro ferroUNSPECIFIED
Thesis advisorFebianti, eviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerbitan Paspor Terpadu, Lean service, VALSAT, 5W+1H
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 15:46
Last Modified: 15 Jul 2024 15:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38521

Actions (login required)

View Item View Item