Oklia, Mia (2015) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI PAUD MUTIARA HATI CITRA GADING SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 Tahun melalui metode pemberian tugas di Paud Mutiara Hati Citra Gading Serang.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT Mia Oklia (2228092280) Improve Fine Motor Skills of Children Aged 4-5 Years Tthrough The Method Of Administration Tasks. Fine motor skills are organizing the use of such a small group of musculature fingers and hands that often requires precision and hand eye coordination. Method of administration ia a task or job assignment that had been given to a child who must be implemented properly. Study aims to determine the learning process in children fine motor A group of realy childhood image of ivory pearl heart attack through the method of administration. The research methodology of action research conducted in three cycles, the cycle of unity three acts, three cycles of two to three cycles of action and research. Four children in group A were 9 early childhood Serang Ivory Pearl Heart Image. Colection used on fine motor skills in early childhood groupA Ivory Pearl Heart Image Serang through research instruments such as observation sheets, interviews, documentation, field notes. The result of research studies on pre namely by 46%, cycle 1 to 3 shows that fine motor skill activities require planning, a learning device that RKH, media, and props. Aplication of the method of administration tasks can achieve success indicator of fine motor skills of the child, as seen in cycle 1 with a percentage of 57,7%, at 80,9% of cycle 2 and cycle 3 was 87,25%. It can be concluded that, by using the method of administration tasks can be improve children’s fine motor skills in group A 1st semester of academic year 2013/2014 the early childhood Ivory Pearl Heart Attack Image. Keywords: Fine Motor Skills, Children Aged 4-5 Years, The Method Of Administration Tasks.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Mia Oklia (2228092280) Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Pemberian Tugas. Keterampilan motorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi mata dengan tangan. Metode pemberian tugas adalah tugas atau pekerjaan yang sengaja diberikan kepada anak yang harus dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam meningkatkan motorik halus anak-anak kelompok A di PAUD Mutiara Hati Citra Gading Serang melalui metode pemberian tugas. Penelitian ini, metodologi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, pada siklus kesatu tiga tindakan, siklus kedua tiga tindakan dan siklus ketiga empat tindakan. Subjek penelitian adalah 9 anak kelompok A PAUD Mutiara Hati Citra Gading Serang. Pengumpulan data yang digunakan tentang keterampilan motorik halus anak kelompok A di PAUD Mutiara Hati Citra Gading Serang melalui instrumen peneitian berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada prapenelitian yaitu sebesar 46%, siklus I sampai III menunjukan bahwa kegiatan keterampilan motorik halus anak memerlukan suatu perencanaan, berupa perangkat pembelajaran yaitu RKH, Media dan Alat Peraga. Penerapan metode pemberian tugas dapat mencapai indikator keberhasilan keterampilan motorik halus anak, hal ini terlihat pada Siklus I dengan persentase sebesar 57,7%, pada Siklus II sebesar 80,9% dan pada siklus III sebesar 87,25%. Dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok A semester I tahun pelajaran 2013/2014 di PAUD Mutiara Hati Citra Gading Serang. Kata Kunci: motorik halus, anak usia 4-5 tahun, metode pemberian tugas. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | motorik halus, anak usia 4-5 tahun, metode pemberian tugas. Fine Motor Skills, Children Aged 4-5 Years, The Method Of Administration Tasks. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 04:11 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:11 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3839 |
Actions (login required)
View Item |