Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS- EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUBKONSEP GINJAL KELAS XI MAN 1 KOTA CILEGON

WADIHA, ALFIATUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS- EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUBKONSEP GINJAL KELAS XI MAN 1 KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research is aimed to know how the influence of PDEODE learning model toward students’ critical thinking ability on kidney subconcept material. This research was a quasi-experimental research that use posttest-only control design. Independent variable in this research is PDEODE Learning model and dependent variable is students’ critical thinking ability. The population in this research were all students of XI MIPA grade MAN 1 Kota Cilegon academic year 2016/2017. The sample of this research consisted of two class, XI MIPA 1 as a experimental class and XI MIPA 2 as a control class. The sampling techniques conducted by simple random sampling way. The data collection using posttest to measure the students’ critical thinking ability. The result of critical thinking ability was analyzed using t test (t-test) obtain t value 0.0005. It can be concluded that there is an influence of PDEODE learning model toward students’ critical thinking ability on kidney subconcept material.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorRifqiawati, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi subkonsep ginjal. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PDEODE sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 1 Kota Cilegon tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji t (t-test) diperoleh nilai t hitung sebesar 0,0005. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi subkonsep ginjal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:07
Last Modified: 27 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item