Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKRAMBEL PADA SISWA KELAS IV SDN SENTUL BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

Wawat Herawati, Ade (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKRAMBEL PADA SISWA KELAS IV SDN SENTUL BALARAJA KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Meningkatkan Ketrampilan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Pada Siswa Kelas IV SDN Sentul Balaraja Kabupaten Tangerang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRACT Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik SKRAMBEL pada siswa kelas IV SDN Sentul 1 balaraja kabupaten Tangerang By ADE WAWAT HERAWATI 2227093173 Reading skill positions and a very important role in human life . Reading is a bridge for anyone who wants to achieve kesuksesan.Membaca not a process " fakator " but rather an interactive and integrated capabilities . Getting a decent reading skills is not easy . If someone already has the reading skills memadahi , so maybe someone can easily achieve success . In fact the ability to read grade IV A Sentul SDN Balaraja very low . Factors causing the low reading skills of students allegedly because of the interest of students towards learning . Teacher's teaching methods are less appropriate result in the Indonesian language is limited . To overcome these problems , there should be a class action research . Skrambel technique is a form of game or sorting activities reconstitute a structure that confused the language . The rationale is " learn as you play " not " play and learn " . The problem in this research is the technique skrambel Could this improve reading comprehension skills and change the behavior of students in learning activities . The purpose of this study is to obtain concrete descriptions skrambel use of techniques in improving students 'reading comprehension skills and changes in students' behavior during and after the learning activities . This is the subject peneliltian fourth grade students at SDN Sentul Balaraja who bejumlah 40 students . Variable of this study is twofold : ( 1 ) reading comprehension , ( 2 ) the use of techniques skrambel . Peneliltian instruments and test a class action covering nontes.Proses first cycle and second cycle , the steps of planning , action , observation , and reflection .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSolihatulmilah, Elih195903291982012002
Thesis advisorHerwan, Herwan197306142003121001
Additional Information: ABSTRAK Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan teknik SKRAMBEL pada siswa kelas IV SDN Sentul 1 balaraja kabupaten Tangerang Oleh ADE WAWAT HERAWATI 2227093173 Keterampilan membaca menduduki posisi serta peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan jembatan bagi siapa saja yang ingin meraih kesuksesan.Membaca bukan suatu proses “fakator”melainkan suatu kemampuan yang interaktif dan terpadu. Memperoleh keterampilan membaca yang layak bukanlah hal yang mudah. Apabila seseorang sudah memiliki keterampilan membaca yang memadahi, sangat mungkin seseorang dengan mudah meraih kesuksesan. Kenyataannya kemampuan membaca kelas IV A SDN Sentul balaraja sangatlah rendah. Faktor penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa diduga karena minat siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode mengajar guru yang kurang sesuai mengakibatkan penguasaan bahasa Indonesia terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Teknik skrambel adalah suatu permainan yang berupa aktivitas menyusun kembali atau pengurutan suatu struktur bahasa yang dikacaubalaukan. Dasar pemikirannya adalah “belajar sambil bermain”bukan”bermain sambil belajar”. Masalah dalam penelitian ini adalah mampukah teknik skrambel ini meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi secara konkret penggunaan teknik skrambel dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan perubahan tingkah laku siswa selama dan setelah kegiatan pembelajaran. Subyek peneliltian ini adalah siswa kelas IV SDN Sentul balaraja yg bejumlah 40 siswa. Variabel penelitian ini ada dua yaitu :(1) kemampuan membaca pemahaman, (2) penggunaan teknik skrambel. Instrumen peneliltian berupa tes dan nontes.Proses tindakan kelas meliputi siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:06
Last Modified: 27 Oct 2021 04:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item