Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM TERHADAP BEBAN KERJA MENTAL PENGEMUDI MENGGUNAKAN METODE DRIVING ACTIVITY LOAD INDEX (DALI)

SAGITA, NENA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM TERHADAP BEBAN KERJA MENTAL PENGEMUDI MENGGUNAKAN METODE DRIVING ACTIVITY LOAD INDEX (DALI). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
NENA SAGITA-3333131038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi penggunanya, namun bisa juga menjadi tugas tambahan dalam melakukan sebuah aktivitas, misalnya penggunaan GPS dalam konteks mengemudi. Penggunaan GPS dapat membatu pengemudi untuk mencapai tempat tujuan yang di inginkan, namun dapat menjadi beban mental bagi pengemudi. Seperti pada penelitian ini responden di minta untuk menilai beban mental yang dirasakan ketika melakukan aktivitas mengemudi dengan menggunakan GPS dan melakukan aktivitas mengemudi tanpa menggunakan GPS. dalam penelitian ini menggunakan metode DALI (Driving Activity Load Index) untuk mengukur beban mental yang dirasakan pengemudi dan reaction time untuk mengetahui kecepatan reaksi pengemudi ketika melakukan aktivitas mengemudi. Dari hasil penelitian diketahui beban mental pengemudi pada saat melakukan aktivitas pengemudi menggunakan GPS lebih tinggi dari pada saat tidak menggunakan GPS. Beban mental teringgi saat pengemudi melakukan aktivitas mengemudi dengan GPS adalah visual demand dengan nilai rata-rata dari 15 responden yaitu 3,933 dan pada saat melakukan aktivitas mengemudi tanpa menggunakan GPS adalah tactile demand dengan nilai rata-rata dari 15 responden yaitu 1,933. Kemudian kecepatan reaksi pengemudi pada saat melakukan aktivitas mengemudi dengan menggunakan GPS memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengemudi pada saat melakukan aktivitas mengemudi tanpa menggunakan GPS yaitu sebesar 46,279 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Beban Mental, DALI, Reaction Time, SHERPA, HTA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 13:14
Last Modified: 15 Jul 2024 13:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38360

Actions (login required)

View Item View Item