Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUBKONSEP CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS X DI SMAN 1 CIKULUR

TRIYANI, ANIS (2017) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUBKONSEP CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS X DI SMAN 1 CIKULUR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUBKONSEP .PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research aims to determine the influence of Guided Discovery Learning model to increase science skill process in class x of SMAN 1 CIKULUR. The model of this research was quasi exsperiment. The population on this research was all class of X IPA SMAN 1 CIKULUR. Class X IPA 1 was exsperiment class and class X IPA 3 was control class. The sample collection technique on this research is random sampling. The instrument on this research were sheets observation, skill process questions, and questionnarire. Science skill process student which in measure of 5 indicator. Was observed indicator incluced high category the percentage was 96,6%, the percentage of category indicator was 76,6 %, the percentage of applied concept indicator was 90% and the percentage of communication was 93,3%. In general, the science skills process of students used Guided Discovery Learning model showed the percentage who good enough with an average 87,73%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukti Leksono, SurosoUNSPECIFIED
Thesis advisorRomlah Noer Hodijah, SitiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAN 1 CIKULUR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 1 Cikulur. Kelas X IPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal keterampilan proses, dan angket. Keterampilan proses sains siswa yang diukur terdir dari 5 indikator yaitu mengamati termasuk kategori tinggi dengan persentase 96,6%, menggolongkan dengan persentase 82,2%, meramalkan dengan persentase 76,6%, menerapkan konsep dengan persentase 90% dan mengkomunikasikan dengan persentase 93,3%. Secara umum, keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran guided discovery learning menunjukkan persentase yang cukup baik dengan nilai rata-rata 87,73%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:02
Last Modified: 19 Nov 2021 14:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item