Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA SERANG

INDAH PARWATI, NI MADE (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERP.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

The importance of high order thinking is that students can train the broader process of thinking so they will not only memorize the learning that has been done but also process the information provided . Group Investigation learning models are learning models which can make students get used to thinking at high level with some stages include: grouping, planning, investigating, organizing, presenting and evaluation. This research can be useful to know the impact model of cooperative learning group investigation type to high order thinking skills on ecosystem concepts. This research was kind of quasi experiments research with randomized control group pretest-posttest design. This research was used a population from grade VII students at SMP Negeri Kota Serang. Sampling was done by random sampling technique that generates grade VII A for control class and grade VII D for experiments class. Data collection used a descriptive test, observation of the implementation and questionnaire of students responses to learning technique. Descriptive tests include 11 questions, with 6 questions of high-level thinking skills indicator and 5 questions with cognitive understanding and applying levels. Analysis techniques used a normality test, homogenitly test, and t-test. The result from this research showed that with group investigation learning models can improve high-level thinking of students. There is a significant result from Sig. (2-tailed) 0,0005 with probability P < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: Pentingnya keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah agar siswa dapat melatih proses pemikiran yang lebih luas sehingga siswa tidak hanya sekadar menghafal pembelajaran yang telah dilakukan tetapi juga mengolah informasi yang diberikan. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang salah satunya dapat membuat siswa membiasakan untuk berpikir tingkat tinggi dengan tahapan yang dimilikinya yaitu grouping, planning, investigating, organizing, presenting dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada konsep ekosistem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Serang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang menghasilkan kelas VII A untuk kelas kontrol dan kelas VII D untuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, observasi keterlaksanaan, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Tes uraian yang diberikan berjumlah 11 soal, yang terdiri dari 6 soal indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi dan 5 soal dengan jenjang kognitif memahami dan menerapkan. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat mempengaruhi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Terdapat hasil signifikansi dari Sig. (2- tailed) 0,005 dengan ketentuan probabilitas P < 0,05.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:59
Last Modified: 27 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item