RAHMAWATI, RAHMAWATI (2017) PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPIT ASY - SYUKRIYYAH TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN.PDF Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
This studies aimed to determine the effect of mind map method on students’ cognitive ability of environmental pollution concept at SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang. This research was quasi experimental that use randomized control group design. Population in this research were all students of class VII with sample of research consisting of two class that is VII.D class student as experiment class and class VII.B as control class. Sampling technique is done by purposive sampling. Data were collected using cognitive ability test with multiple choice. The results showed that in the experimental class the average score of cognitive ability of 74 students who are in good category. Based on the result of hypothesis test on students' cognitive ability showed the significance value pf 0.002 . So the initial hypothesis that the use of mind map method has an effect on cognitive ability of class VII students on the concept of environmental pollution in SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMPIT Asy- Syukriyyah Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang menggunakan desain penelitian randomized control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan sample penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa sebesar 74 yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada nilai kognitif siswa diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII pada konsep pencemaran lingkungan di SMPIT Asy-Syukriyyah Tangerang. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 03:53 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3831 |
Actions (login required)
View Item |