Mala Nurhalisoh, Ai (2017) PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SD NEGERI PANANCANGAN 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Research is stimulated by the need for learning activities students to obtain the more optimal. Therefore, this study aims to identify how and the influence of learning activities of the student on the science of the properties of light with the use of the Predict, Observe, Explain (POE). The method used in this study is the method of descriptive and approach to quantitative. The population in this study is the student of elementary Panancangan 2. The sample used is all the VC, which has 30 students. The study, as measured by the observation. The student is measured using the multiple choice. The study is in the god with the average value of 78,93. The student was in the high with the average value of 72,67. The correlation showed the 0,67. The figure shows that correlation is positive, it means the increase that occurred in the learning activities will be followed by an increase the results of learning. The determination that was obtained by 0,4489. The F count 0f 52,05 shows that the coefficient on the model the regression was significant. This shows that large contribution of learning activities of the study is of 52,05.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya aktivitas belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Panancangan 2. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VC yang berjumlah 30 siswa. Aktivitas belajar diukur menggunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa diukur menggunakan soal pilihan ganda. Aktivitas belajar tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,93. Hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,67. Koefisien korelasi menunjukkan angka 0,67. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif, artinya kenaikan yang terjadi pada skor aktivitas belajar akan diikuti oleh kenaikan skor hasil belajarnya. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4489. Nilai Fhitung sebesar 52,05 menunjukkan bahwa koefisien pada model regresi tersebut signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi aktivitas belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 52,05. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 03:46 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3829 |
Actions (login required)
View Item |