Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI INDEX CARD MATCH

Nur Hidayah, Disti (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI INDEX CARD MATCH. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosila dengan menggunakan metode pembelajaran aktif melalui indexcard match.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRACT Disti Nur Hidayah. Improve student learning proceeds in social science subject by using active learning method by way of index card match. A Research paper, Elementary school department, teacher training and education faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University. The problem is focused in this research is: how to improve the learning proceed of social science at primary school. The purpose of this research is to find one of appropriate learning strategies in social science learning. The benefits of this research is to improve student knowledge on social science subject and as an example for teachers or researchers about application of active learning method by index card match. The research was conducted in the fifth grade in SDN PONDOK BAHAR 6. This research was implemented by using active learning method by way of index card match. There are two cycle, that are cycle I and cycle II. Every cycle each consisting of two learning sessions. Thus during the research has been conducted four time sessions of learning. The result showed that the data obtained the result of the action learning cycle I with an average score of learning proceed is 19.68 with completeness percentage 80%. in action learning cycle II the data obtained an average score of student learning proceed is 85 with completeness percentage 95%. Thus,The implementation of active learning method by index card match in the fifth grade have shown the expected result. That can be seen from the percentage of increasing student learning proceed. Implications of the study results is an active learning method by index card match can be one method that can be used to improve student learning proceed in primary school. Keyword : Learning Proceed, Social knowledge, Active Learning Method by Index Card Match.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHosnan, Hosnan195511181982031002
Thesis advisorRahman Hakim, Zerry198003312010121002
Additional Information: ABSTRAK Disti Nur Hidayah. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Melalui Index Card Match. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa sekolah dasar? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan salah satu strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPS. Manfaat penelitian adalah: meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPS dan contoh kongkrit bagi guru/ peneliti tentang penerapan metode pembelajaran aktif melalui index card match. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Pondok Bahar 6. Penelitian ini dilakukan dengan metode pembelajaran aktif melalui index card match, banyaknya siklus ada 2, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah melaksanakan 4 kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada hasil tindakan pembelajaran siklus I dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 79,68 dengan persentase ketuntasan 80%. Pada tindakan pembelajaran siklus II doperoleh data rata-rata nilai hasil belajar siswa 85, dengan persentase ketuntasan 95%. Dengan demikian, pelaksanaan metode pembelajaran aktif melalui index card match di kelas V telah menunjukkan hasil belajar yang telah diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase kemajuan hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa metode pembelajaran aktif melalui index card match dapat dijadikan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran Aktif melalui Index Card Match.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran Aktif melalui Index Card Match. Learning Proceed, Social knowledge, Active Learning Method by Index Card Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:48
Last Modified: 27 Oct 2021 03:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item