Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (Studi Kasus Karyawan PT. XYZ)

JANUARI, RIZKY (2017) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (Studi Kasus Karyawan PT. XYZ). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
RIZKY JANUARI 3333101422.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan pengelolaan perusahaan sangat ditentukan oleh kegiatan pendayagunaan sumber daya manusia tersebut, di mana manajemen perusahaan harus benar-benar memperhatikan sikap, perilaku, keinginan dan kebutuhan dari karyawan sehingga karyawan tersebut dapat didorong untuk meningkatkan kinerjanya. Dalam usaha meningkatkan kinerja organisasi melalui kinerja karyawan maka faktor-faktor yang perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh adalah kompetensi individu dan kepuasan karyawan yang cukup dapat mewujudkan semangat kerja yang semakin baik pada diri karyawan. Semenjak berdiri sampai sekarang PT. XYZ banyak menghadapi pesaing-pesaing baru di bidang yang sama dan masih terdapat permasalahan- permasalahan yang menghambat perkembangan perusahaan seperti, hasil produksi yang masih tidak konsisten dengan pencapaian target produksi, kualitas produk yang kurang memenuhi kebutuhan, dan masih banyaknya kendala dalam hal kegiatan produksi. Hal tersebut menuntut perusahaan agar lebih meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawanya agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Maka dari itu dibutuhkan analisa mengenai pengaruh antara kompetensi dan kepuasan karyawan terhadap kinerja karyawan. Adapun penelitian ini menggunakan metode SEM dengan software lisrel 8.70. Hasil yang didapat menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari setiap variabel. Setelah dilakukan modifikasi, maka didapatkan kesimpulan bahwa kompetensi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai muatan faktor standar sebesar 0,26 sedangkan variabel kepuasan karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai muatan faktor standar sebesar 0,22.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKatili, Putiri BhuanaUNSPECIFIED
Thesis advisorUmmi, NurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LISREL, Kepuasan Karyawan, Kinerja Karyawan, Kompetensi, Structural Equation Modelling
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 14:51
Last Modified: 11 Jul 2024 14:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38252

Actions (login required)

View Item View Item