Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN METODE SIMULATED ANNEALING UNTUK MENGURANGI JARAK DAN BIAYA MATERIAL HANDLING DI PT CG POWER SYSTEM INDONESIA

SARI, NINDY CHANDRA (2017) USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN METODE SIMULATED ANNEALING UNTUK MENGURANGI JARAK DAN BIAYA MATERIAL HANDLING DI PT CG POWER SYSTEM INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI NINDY CHANDRA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada umumnya tata letak pabrik yang terencana dengan baik menentukan efisiensi dan akan menjaga kelangsungan hidup ataupun kesuksesan suatu industri. Jarak pemindahan bahan antar stasiun kerja yang terlalu jauh dapat mengakibatkan biaya pemindahan bahan yang terlalu besar sehingga dapat mengurangi profit perusahaan. PT CG Power Systems Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur transformator. Sistem produksi yang diterapkan di PT CG Power Systems Indonesia adalah make to order dimana perusahaan membuat produk berdasarkan pesanan konsumen. Metode yang digunakan untuk penyelesaian tata letak pada departemen insulasi adalah algoritma simulated annealing. Algoritma simulated annealing merupakan algoritma metaheuristik yang berarti algoritma dengan metode optimisasi yang dilakukan dengan memperbaiki kandidat penyelesaian secara iteratif sesuai dengan fungsi objektifnya. Penelitian ini difokuskan pada lantai produksi departemen insulasi karena banyaknya jenis dan jumlah komponen yang diproduksi serta aliran produksi yang berbeda dari setiap komponen menyebabkan tingkat pemindahan bahan yang tinggi. Aliran bahan yang kurang teratur dan jarak pemindahan bahan yang terlalu jauh merupakan masalah tata letak pada lantai produksi departemen insulasi. Pada penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meminimasi jarak dan biaya material handling pada departemen insulasi. Total jarak dan biaya material handling layout awal departemen insulasi masing-masing adalah 62455,8 m dan Rp 17.750.000. Total jarak dan biaya material handling layout usulan departemen insulasi masing�masing adalah 53002 m dan Rp 16.303.033. Didapatkan penurunan total jarak dan biaya material handling pada departemen insulasi masing-masing 15,14% dan 8,15%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorMutaqin, Ade Irman SaefulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Material Handling, Simulated Annealing, Tata Leta
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 14:27
Last Modified: 11 Jul 2024 14:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38245

Actions (login required)

View Item View Item