Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KUE GIPANG (Suatu Kasus pada UMKM Raffa Jaya Kelurahan Mesjid Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang)

RAHMAT MERDEKA SITUMORANG, STEPANUS (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KUE GIPANG (Suatu Kasus pada UMKM Raffa Jaya Kelurahan Mesjid Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang_4441200163_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gipang cake is one of the types of bread and pastry products. Gipang cake is a favorite food among people of all ages, from children to the elderly. Gipang cake is made from glutinous rice as the base ingredient, mixed with natural sugar to create a very sweet and crispy taste. The marketing of Gipang cake by Raffa Jaya SMEs has attracted many enthusiasts. This product has been marketed in the city of Serang and its surrounding areas, extending beyond the provincial boundaries. However, there are challenges faced, including fluctuating income and marketing is passive or depends on the quantity of orders from consumers. The research aims to identify internal and external factors affecting the company, analyze suitable marketing strategies for implementation, and explore alternative marketing strategies for Raffa Jaya SMEs. The research methodology includes the use of matrices such as IFE, EFE, IE, SWOT, and QSPM. The findings reveal 12 internal factors, including 6 strengths and 6 weaknesses. Additionally, there are 8 external factors, consisting of 4 opportunities and 4 threats. The average scores in the IFE matrix are 2.633, while in the EFE matrix, they are 2.865. The company’s position falls within Quadrant V (Hold and Maintain). The SWOT analysis identifies 10 alternative strategies that can be implemented. Furthermore, the QSPM analysis prioritizes expanding the target market reach as the highest-priority strategy, with a TAS score of 6.815.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPRIYO WIBOWO, ARIS196307272006041001
Thesis advisorGUNAWAN, GUGUN196211102000121001
Additional Information: Kue Gipang merupakan salah satu jenis produk roti dan kue. Kue gipang termasuk makanan favorit semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang tua karena menggunakan bahan dasar dari beras ketan dan dicampur gula alami menghasilkan rasa sangat manis dan renyah. Pemasaran kue gipang pada UMKM Raffa Jaya memiliki banyak peminat. Produk ini sudah dipasarkan di daerah Kota Serang dan sekitarnya hingga keluar daerah provinsi. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi, yaitu pendapatan cenderung mengalami fluktuatif dan persaingan pemasaran yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, menganalisis strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh UMKM Raffa Jaya, dan menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk UMKM Raffa Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 12 faktor internal diantaranya terdapat 6 kekuatan dan 6 kelemahan. Sedangkan pada faktor eksternal ada 8 diantaranya terdapat 4 peluang dan 4 ancaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata pada matriks IFE adalah 2,633 dan matriks EFE adalah 2,865. Posisi perusahaan berada pada Kuadran V (Pertahankan dan Pelihara). Hasil analisis SWOT menunjukkan terdapat 10 strategi alternatif yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan. Hasil analisis QSPM menentukan strategi prioritas tertinggi adalah memperluas jangkauan pemasaran yang dituju dengan nilai skor TAS sebesar 6,815.
Uncontrolled Keywords: Gipang Cake, Raffa Jaya, marketing strategy, SWOT, QSPM Kue Gipang, Raffa Jaya, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mr Stepanus Rahmat Merdeka Situmorang
Date Deposited: 27 Jul 2024 11:09
Last Modified: 27 Jul 2024 11:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38221

Actions (login required)

View Item View Item