Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MEMBANGUN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (IBU DAN ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SDLB SANTI RAMA)

SATYA RATNA, CONY (2013) MEMBANGUN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (IBU DAN ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SDLB SANTI RAMA). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MEMBANGUN MOTIVASI BERPRESTASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT Cony Satya Ratna. NIM. 091686. Thesis. Build Motivation Achievement With Interpersonal communication (Mom and Deaf Child at SDLB Santi Rama). Deaf children who have achievement and a close relationship with their mother have difference communication ability. That difference ability do not hinder their communication activities, effective communication between mother and her deaf child can develop deaf child achievement. Deaf children in this research show their self with achievement that they get. This research aims to analyze and describe relationship between mother and her deaf child which can built her child achievement motivation in SDLB Santi Rama, Cipete-South Jakarta. This research use Self Disclosure theory to analyze interpersonal communication in showing of deaf children’s personality to their mother. This theory is base for explaining and understanding the interpersonal interaction, more closer their relationship then more bigger self disclosure that they did. The method that used for this research is qualitative. There are five key informants and ten supporting informants. Data collection techniques gained through interviews and observation. Once the data is obtained, then the data is presented in descriptive analysis in order to answer the problems that have been identified. Result of this research is First, communication between mother and deaf children could happened if there was an acceptance from their mother. Second, deaf children in this study get into first frame where deaf children know what happened to their self and their mother is also know it. The third is, deaf children will try to communicate what they like and they want. Therefore, need big effort and continuous endorsement from their mother to support and understanding their children to reach achievement. Keywords : Interpersonal Communication, Deaf Children, Motivation Achievement.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKia Kania, Rd197907082002122002
Thesis advisorYuliana, Nina198106082005012001
Additional Information: ABSTRAK Cony Satya Ratna. NIM. 091686. Skripsi. Membangun Motivasi Berprestasi Melalui Komunikasi Antarpribadi (Ibu dan Anak Penyandang Tunarungu di SDLB Santi Rama). Anak tunarungu berprestasi yang dekat dengan ibunya memiliki perbedaan kemampuan komunikasi. Perbedaan tersebut tidak menghalangi aktivitas komunikasi antarpribadi mereka, komunikasi efektif antara ibu dan anak yang menyandang tunarungu dapat menghasilkan anak tunarungu yang berprestasi. Anak tunarungu dalam penelitian ini menunjukkan dirinya melalui prestasi yang mereka raih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan diantara ibu dan anak yang menyandang tunarungu dalam membangun motivasi berprestasi di SDLB Santi Rama, Cipete-Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teori Self Disclosure untuk menganalisis komunikasi antarpribadi dalam menunjukkan diri anak tunarungu pada ibunya. Teori ini merupakan dasar untuk menjelaskan dan memahami interaksi antarpribadi, semakin dekat hubungan mereka maka semakin besar pula penyingkapan diri yang mereka dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Ada lima key informan dan sepuluh informan pendukung yang menjadi sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Setelah data diperoleh, kemudian data disajikan secara deskriptif analitis guna menjawab permasalahan yang telah diidentifikasikan. Hasil penelitian ini Pertama, komunikasi antara ibu dan anak yang menyandang tunarungu bisa terjadi jika adanya penerimaan. Kedua, anak tunarungu dalam penelitian ini masuk kedalam bingkai satu dimana anak tunarungu tersebut mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya dan ibunya pun mengetahui. Ketiga, anak akan berusaha mengkomunikasikan apa yang ia suka dan ia inginkan. Untuk itu, perlu adanya usaha dan dukungan terus-menerus dari seorang ibu untuk mendukung dan memahami anaknya yang yang menyandang tunarungu agar bisa meraih prestasi. Keywords : Komunikasi Antarpribadi, Anak Tunarungu, Motivasi Berprestasi.
Uncontrolled Keywords: nterpersonal Communication, Deaf Children, Motivation Achievement. Komunikasi Antarpribadi, Anak Tunarungu, Motivasi Berprestasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:28
Last Modified: 27 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item