Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMPENSASI VOLTAGE SAG MENGGUNAKAN UPQC (UNIFIED POWER QUALITY CONDITIONER) DENGAN BEBAN MOTOR INDUKSI 3 FASA PT. KRAKATAU DAYA LISTRIK

Prasetya, Agung (2022) KOMPENSASI VOLTAGE SAG MENGGUNAKAN UPQC (UNIFIED POWER QUALITY CONDITIONER) DENGAN BEBAN MOTOR INDUKSI 3 FASA PT. KRAKATAU DAYA LISTRIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
skripsi Agung P 3332141896.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Agung P 3332141896.pdf

Download (6kB)

Abstract

Gangguan hubung singkat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permasalahan kualitas daya. Permasalahan kualitas daya listrik yang sering dijumpai ialah permasalahan voltage sag, tingkat THD (total harmonic distortion), dan faktor daya, pada praktiknya, permasalahan tersebut sulit untuk dihindari untuk mengurangi dampak dari kualitas daya yang buruk, maka digunakanlah perangkat kompensasi yang disebut UPQC. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui fungsi kompensasi pada Unified Power Quality Conditioner (UPQC). UPQC memiliki kontroler yang dapat mengatur media penyimpanan energi DC untuk mengkompensasi tegangan sistem yang turun. Kontroler yang digunakan didasari oleh teori transformasi Park. Hasil simulasi menunjukkan bahwa UPQC dapat mengembalikan jatuh tegangan ke 1 pu, memperbaiki tingkat THD (Total Harmonic Distortion) arus dan tegangan dari nilai tertinggi 13 % menjadi 5 %, dan faktor daya menjadi 0,999.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHartono, HartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas daya, jatuh tegangan, UPQC, simulink
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:35
Last Modified: 11 Jul 2024 10:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38116

Actions (login required)

View Item View Item