Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUKURAN E-SERVICE QUALITY DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (STUDI KASUS: BUKALAPAK)

RIZKIANI, RISMA (2019) PENGUKURAN E-SERVICE QUALITY DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (STUDI KASUS: BUKALAPAK). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
RISMA RIZKIANI (3333120575) ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
RISMA RIZKIANI (3333120575) TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (30MB)

Abstract

Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung 168 juta, berdasarkan play store Bukalapak memiliki rating 4,5 dengan jumlah pengunduh lebih dari 10 juta sedangkan kompetitornya Shopee memiliki rating 4,4 dengan jumlah pengunduh lebih dari 50 juta. Pengguna Bukalapak terdapat keluhan contohnya pengembalian uang yang lama dan lamanya penanganan keluhan. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini dengan tujuan untuk menentukan kepuasan pelanggan terhadap e-service quality dan menentukan atribut perbaikan yang dipakai dalam e-service quality di Bukalapak. Penelitian menggunakan tujuh dimensi e-service quality (efficiency, fulfillment, reliability, privacy, responsiveness, compensation, dan contact) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) serta Potential Gain in Customer Value (PGCV). Pengumpulan data berasal dari penyebaran kuesioner yang selanjutnya dikelompokkan berdasarkan karakteristik responden. Penelitian ini menggunakan 31 atribut dan 116 responden pengguna Bukalapak. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa Bukalapak memiliki nilai CSI 77,470% termasuk dalam kriteria puas. Atribut yang harus diperbaiki berdasarkan nilai PGCV dengan nilai PGCV tiga terbesar adalah adalah atribut RP26, RB 18, dan RB 13.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, AkbarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-service quality, CSI, PGCV
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:33
Last Modified: 11 Jul 2024 10:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38014

Actions (login required)

View Item View Item