Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE DISAGREGASI HAX AND BITRAN DALAM PENYUSUNAN JADWAL INDUK PRODUKSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN DI PT KRAKATAU DAYA TIRTA

OCTAVIANA, DIANA NAULIA (2019) PENERAPAN METODE DISAGREGASI HAX AND BITRAN DALAM PENYUSUNAN JADWAL INDUK PRODUKSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN DI PT KRAKATAU DAYA TIRTA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi (Diana Naulia Octaviana 3333150008).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover sampai Abstrak (Diana Naulia Octaviana 3333150008).pdf

Download (1MB)

Abstract

PT Krakatau Daya Tirta adalah perusahaan yang menghasilkan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang terletak di Kota Cilegon, Provinsi Banten. Perusahaan ini menghasilkan produk Galon 19 liter, Cup 240 ml, Pet 330 ml dan Pet 600 ml. PT Krakatau Daya Tirta mendistribusikan produk AMDK dikawasan Industri Krakatau Steel, Anyer, Merak, Bojonegara, Cilegon, Serang dan Cikande. Banyaknya jenis produk menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah produksi optimal karena setiap jenis produk AMDK memiliki jumlah permintaan yang berbeda di setiap periodenya selain itu perencanaan produksi yang dilakukan oleh PT Krakatau Daya Tirta masih bersifat subjektif yakni belum menggunakan metode perencanaan produksi, sehingga dibutuhkan perencanaan produksi yang baik dengan proses disagregasi menggunakan metode Hax and Bitran untuk membuat jadwal induk produksi/item produk AMDK secara terinci. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan hasil peramalan agregat permintaan produk AMDK dan menentukan jadwal induk produksi produk AMDK tahun 2019. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data permintaan, data lead time produksi, data inventory dan data biaya setup produk AMDK tahun 2018. Data permintaan produk AMDK diolah dengan metode peramalan Winter’s menggunakan (alpha, beta, gamma) sebesar 0,3, 0,2, 0,1 dan hasil dari peramalan tersebut digunakan untuk perencanaan agregat AMDK tahun 2019. Data lead time produksi diolah untuk mendapatkan nilai safety stock pada masing-masing produk AMDK dengan service level perusahaan sebesar 95 %, data ini digunakan untuk input disagregasi dengan metode Hax and Bitran. Selanjutnya data inventory dan biaya setup digunakan dalam pengolahan proses disagregasi dengan metode Hax and Bitran. Pada penelitian ini berdasarkan hasil peramalan agregat permintaan produk AMDK tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 19% atau setara dengan 3.076.956 Liter dibandingkan permintaan produk AMDK tahun 2018 dan berdasarkan perhitungan dengan metode disagregasi Hax and Bitran jadwal induk produksi produk AMDK tahun 2019 yaitu total produk yang akan diproduksi pada produk Galon 19 liter sebanyak 926.373 unit, Cup 240 ml sebanyak 119.627 dus, Pet 330 ml sebanyak 7.052 dus dan Pet 600 ml sebanyak 22.141 dus dari jadwal induk produksi yang dihasilkan diharapkan perusahaan dapat memenuhi permintaan produk AMDK di tahun 2019 dengan tanpa harus kelebihan atau kekurangan produk jadi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaeful, Ade IrmanUNSPECIFIED
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AMDK, Peramalan Winter’s, Disagregasi, Hax and Bitran
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:32
Last Modified: 11 Jul 2024 10:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38005

Actions (login required)

View Item View Item