Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI POTENSI KEGAGALAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS COST-BASED (FMEA COST-BASED) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DI BAGIAN PRODUKSI PT PARDIC JAYA CHEMICALS

MA’ARIF, ARINTA PRABAWATI (2019) EVALUASI POTENSI KEGAGALAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS COST-BASED (FMEA COST-BASED) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DI BAGIAN PRODUKSI PT PARDIC JAYA CHEMICALS. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi full version.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)

Abstract

PT Pardic Jaya Chemicals adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan resin sintetis. PT Pardic Jaya Chemicals memiliki beberapa lantai produksi yaitu P1, P2 dan P3. Dalam menjalankan kegiatan produksi, operator harus menghadapi beberapa hazard seperti paparan bahan kimia baik dalam bentuk powder maupun cair. Hal tersebut tidak dapat dihindari meskipun operator sudah dilengkapi dengan peralatan safety. Selain itu, beberapa lantai produksi berada tidak berada di lantai satu, sehingga manual material handling harus melewati lift. Lantai produksi yang semi outdoor juga menyebabkan debu kimia mudah bertebaran di udara bebas yang dapat memicu kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kegagalan dan menghitung besarnya ekspektasi biaya kegagalan yang mungkin ditimbulkan yang berlokasi di lantai produksi P2 dan P3. Rancangan pada penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini menggunakan metode FMEA cost based dan Fault Tree analysis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh total biaya ekspektasi kegagalan yang mungkin dikeluarkan akibat 19 high risk di P2 adalah sebesar Rp 3.021.910.007 dan total biaya ekspektasi kegagalan akibat 7 high risk di P3 adalah sebesar Rp 643.974.416,5. Perbandingan persentase kategori risiko adalah kategori low risk pada P2 sebesar 38.67% dan P3 sebesar 19,29%. Sedangkan untuk kategori medium risk pada P2 sebesar 48,67% dan P3 sebesar 68,42%. Untuk kategori high risk pada P2 sebesar 12,67% dan P3 sebesar 12,28%. Top Event kegagalan yang ada adalah kebakaran, keseleo, gangguan tulang belakang, lift jatuh, sling bag crane putus, tangan terjepit dan tertimpa material.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSusihono, WahyuUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FMEA cost-based, FTA, Potensi Kegagalan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:31
Last Modified: 11 Jul 2024 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37994

Actions (login required)

View Item View Item