Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PIPA ERW DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE DAN METODE GENETIC ALGORITHM DI PT. KHI PIPE INDUSTRIES

Mulya, Ruly (2019) PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PIPA ERW DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE DAN METODE GENETIC ALGORITHM DI PT. KHI PIPE INDUSTRIES. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
3333141244 - RULY MULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)

Abstract

Perancangan tata letak gudang memiliki tujuan untuk dapat meminimasi biaya material handling. PT. KHI Pipe Industries merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan pipa electric resistant welded (ERW). Pada gudang area blok M di PT. KHI masih belum mempunyai aturan penempatan pipa ke dalam rak. Hal ini menyebabkan gerak perpindahan material handling bertambah dan akan mempengaruhi besarnya total jarak dan biaya material handling. Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui usulan tata letak menggunakan metode dedicated storage dan genetic algorithm, (ii) mengetahui total jarak dan biaya material handling pada layout eksisting dan usulan, (iii) serta menentukan usulan tata letak gudang pipa ERW terbaik. Penelitian ini menyelesaikan masalah gudang yang memiliki 21 jenis pipa dan 21 rak. Berdasarkan hasil penelitian, metode genetic algorithm memberikan hasil layout terbaik dengan biaya material handling paling kecil dibandingkan dengan layout eksisting dan layout menggunakan metode dedicated storage. Pada layout terbaik biaya sebesar Rp. 54.596.231 dengan jarak sebesar 4713,90 m dengan persentasi penurunan jarak sebesar 1518,1 meter atau sebesar 24,36% dan penurunan biaya sebesar Rp. 17.538.300 atau sebesar 24,31% lebih kecil dibandingkan dengan layout eksisting.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Thesis advisorKulsum, KulsumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biaya Material Handling, Dedicated Storage, Genetic Algorithm, Perancangan Tata Letak Gudang
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:38
Last Modified: 09 Jul 2024 12:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37983

Actions (login required)

View Item View Item