Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMILIHAN SUPPLIER KAIN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION (Studi Kasus di PT XYZ)

HUTAGALUNG, RENNE TASYA (2019) PEMILIHAN SUPPLIER KAIN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION (Studi Kasus di PT XYZ). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Penelitian Full Edition_Renne Tasya Hutagalung_3333150021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
Laporan Penelitian Abstrak_Renne Tasya Hutagalung_3333150021.pdf

Download (761kB)

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri garmen yang memproduksi dua jenis garmen yaitu rajut dan tenun. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan, pada PT XYZ di bagian line produksi rajut yang baru berjalan 2 tahun saat ini sering mendapat komplain dari buyer dikarenakan terjadinya kesalahan warna, keterlambatan pengiriman, dan ketidaksesuaian spesifikasi pada produk. Hal ini disebabkan karena perusahaan hanya memiliki dua kriteria baku untuk pemilihan supplier kain yaitu biaya dan kualitas bahan baku. Oleh karena itu. perusahaan perlu melakukan penambahan kriteria dan subkriteria yang kemudian akan diolah dengan menggunakan metode AHP sebagai alat penentu kriteria yang tepat agar pesanan bahan baku terpenuhi secara optimal dan menggunakan metode TOPSIS guna mendapatkan supplier terbaik yang dapat bekerjasama dalam jangka panjang. Dari hasil brainstorming didapatkan 5 kriteria dan 11 subkriteria dalam pemilihan supplier. Dengan metode AHP, didapatkan bobot kepentingan setiap subkriteria yang menjadi input untuk metode TOPSIS. Dari perhitungan dengan metode TOPSIS dihasilkan nilai preferensi sebesar 0,960 untuk PT A, nilai preferensi sebesar 0,379 untuk PT B dan nilai preferensi sebesar 0,479 untuk PT C. Penelitian ini menghasilkan supplier bahan baku kain terbaik untuk PT XYZ adalah PT A.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AHP, Pemilihan Supplier, TOPSIS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:32
Last Modified: 09 Jul 2024 12:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37968

Actions (login required)

View Item View Item