Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Inayah, Nurul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS (2).PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

NURUL INAYAH (2227131403) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN, and SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SDN SERANG 3. SKRIPSI, JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, 2017. Singer study aims to review determine the ability of Students Critical Thinking Model using ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) are of Students Learning Model using Direct (Direct Instruction). Used operates research is quasi That Shaped non-equivalent control group design. Sampling was conducted dengaan using purposive sampling technique. Samples Elected as Class is Class IVA IVB Control And Class as a Class Experiment The treated with using Direct Learning Model. Data Processing Based on TIN pretest average value of 62.7 Grade experiment while Class Control of 61.5. Of the different test results mean significant level Value Class IN TIN t_ = 0.05 (calculated) = 0,01dan t_ (table) = 1989. So can concluded that the ability of critical thinking in social studies students are given treatment befpre Was not There a Difference. Learning of taxable income, both Class postes given. Based on the data processing and post-test average TIN findings Critical Thinking ability students in social studies classes students experiment at 70 while the control class of 69. From the different test results mean. Based on the research findings of can concluded that the ability of critical thinking Students in social studies using models of Students Learning ARIAS There is a significant difference Which And Better From AT Students The Learning Model using Direct (Direct Instruction).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, AsnawiUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Additional Information: NURUL INAYAH (2227131403) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN, and SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SDN SERANG 3 . SKRIPSI, JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) terdapat siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengaan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas Eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model Arias. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 62,7 sedangkan kelas kontrol sebesar 61,5. Dari hasil uji beda rerata nilai kelas pada taraf signifikan=0.05 diperoleh = 0,01dan = 1,989. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS sebelum diberikan perlakuan adalah tidak terdapat perbedaan. Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan postes. Berdasarkan pengolahan data dan postes diperoleh rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas eksperimen sebesar 70 sedangkan kelas kontrol sebesar 69. Dari hasil uji beda rerata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS terdapat perbedaan yang signifikan dan lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:05
Last Modified: 27 Oct 2021 03:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3795

Actions (login required)

View Item View Item