Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS V SD

MAULIDA, NIA (2017) PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA .PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

This research was triggered by the presence of learning always see the result of the study and low ability mathematical problem solving skill. The research aims to find out what is there different of mathematical problem solving skill on the student by missouri mathematics project models and direct learning models. The research method used is quasi experiment with non-equivalent control group design. Sample technique used is purposive sampling, with V.A1 class (control class) and V.A2 class (eksperiment class). The result obtained the data of the pretest and posttest, where the data do test the prerequisites first namely normalitas test and homogenitas. In the data posttest result in the average problem solving ability of the class experiments 74,45 and the class controls 61,95. Next done, testing hypothesis wit t test. So get conclusions is there is different of mathematical problem solving skill on the student by missouri mathematics project models and direct learning models and an average of the problem solving the experiment better than the control.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuhana, YuyuUNSPECIFIED
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pembelajaran yang selalu melihat hasil belajar dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model Missouri Mathematics Project dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Teknik sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas V.A1 (kelas kontrol) dan kelas V.A2 (kelas eksperimen). Hasil penelitian diperoleh dari data pretest dan posttest, dimana data tersebut dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yakni uji normalitas dan homogenitas. Pada data posttest menghasilkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 74,45 dan kontrol 61,95. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t. Sehingga mendapatkan kesimpulan, yakni terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model Missouri Mathematics Project dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:01
Last Modified: 27 Oct 2021 03:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item View Item