Dadan Hermawan, Apriyanto (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELAS IV SDN KARUNDANG 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN.PDF Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
The aim of this research is to know the students' learning result using cooperative model of word guess type and using conventional learning model on IPS subject. The research applied to students of SDN Karundang 2 cipocok jaya serang. In this study used quasi experimental method with research design of non equivalent control group design. There are two classes in the experiment and control group. The experimental group in grade IV-A students consisted of 25 students who were given treatment using cooperative model of guessword type and control class in grade IV-B students consisted of 25 students who were given treatment using conventional learning model. Data collection was done by test result of learning in the form of pretest and posttest and nontes in the form of interview and documentation. Based on result of t-test obtained that is 5,65> 2,0126 hence concluded H0 rejected and Ha accepted. This suggests that student learning outcomes using cooperative learning model type words are better than student learning outcomes using conventional learning models on social studies subjects. The results of the interviews show that before the treatment of grade IV students on subjects Social science is lower than the value of other subjects.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe tebak kata dan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS. Penelitian diterapkan pada siswa SDN Karundang 2 cipocok jaya serang. Pada penelitian ini digunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control grup design. Ada dua kelas dalam penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen pada siswa kelas IV-A terdiri dari 25 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model kooperatif tipe tebak kata, dan kelas kontrol pada siswa kelas IV-B terdiri dari 25 siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan secara tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dan nontes berupa wawancara dan dokumentasi.berdasarkan hasil dari uji – t didapatkan yaitu 5,65 > 2,0126 maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS. Adapun hasil dari wawancara menunjukan bahwa sebelum di berikan perlakuan nilai siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial lebih rendah dibandingkan nilai mata pelajaran lain | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 02:55 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3789 |
Actions (login required)
View Item |