Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MEMINIMUMKAN KECELAKAAN KERJA DI LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

AFIATI, MUTI NUR (2021) USULAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MEMINIMUMKAN KECELAKAAN KERJA DI LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir_Muti Nur Afiati_3333170099.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Tugas Akhir_Muti Nur Afiati_3333170099_Cover - Abstrak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki 4 laboratorium yang berfungsi sebagai fasilitas pembelajaran mahasiswa dalam kegiatan praktik berupa penelitian atau percobaan. Dalam melakukan aktivitas di laboratorium tentunya tidak luput dari risiko kecelakaan kerja, maka dari itu diperlukan proses identifikasi bahaya serta penilaian risiko guna menganalisa potensi bahaya yang mungkin terjadi dalam aktivitas di laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi bahaya dengan tingkat risiko tertinggi di laboratorium jurusan Teknik Industri, mengetahui akar penyebab potensi bahaya dengan nilai risiko tertinggi serta memberikan usulan standar operasional prosedur kepada setiap laboratorium. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control) yang digunakan untuk mengidentifikasi bahaya, menilairisiko serta menentukan tindakan pengendalian. Serta metode FTA (Fault Tree Analysis) yang digunakan untuk menganalisa akar penyebab dari potensi bahaya yang telah teridentifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat potensi bahaya dengan kategori risiko sedang dan rendah. Faktor penyebab utama pada potensi bahaya yang telah teridentifikasi adalah faktor lingkungan, manusia dan manajemen. Usulan SOP yang diberikan adalah SOP penggunaan laboratorium, penggunaan serta perawatan komputer dan alat kelistrikan serta penggunaan mesin.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMariawati, Ade SariUNSPECIFIED
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: identifikasi bahaya, penialian risiko, standar operasional prosedur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2024 16:03
Last Modified: 08 Jul 2024 16:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37840

Actions (login required)

View Item View Item