Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN CILEGON IV

ATIQAH, ATIQAH (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN CILEGON IV. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA M.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The purpose of this research is to know the difference of learning result of IPS learners using cooperative type think pair share with direct learning. The method used in this research is quasi experiment with research design nonequivalent control group design. This researcher conducted in SD Negeri Cilegon IV from date s.d. Sampling technique in this research using purposive sampling. In this research, class V A as control class using direct learning strategy and VB class as experiment class using Cooperative Think Pair Share Strategy. Instrument researchers provided in the form of 10 questions Essay. Technique of data analysis to test hypothesis in this researcher, using right side test, result t_hitung equal to 5,652 and t_table equal to 2,002 with significant level 0,05. Based on the results of research that has been done, it can be concluded that the critical thinking skills of students in the subjects of IPS that apply Cooperative Think Pair Share Type is better than students who apply direct learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan cooperative tipe think pair share dengan pembelajaran langsung . metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Peneliti ini dilakukan di SD Negeri Cilegon IV dari tanggal s.d. Teknik pengambilan sample dalam peneliti ini menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini, kelas V A sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran langsung dan kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi Cooperative Tipe Think Pair Share. Instrument peneliti yang diberikan berupa 10 soal Essay. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam peneliti ini ,menggunakan uji pihak kanan, hasil sebesar 5,652 dan sebesar 2,002 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil simpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPS yang menerapkan Cooperative Tipe Think Pair Share lebih baik dari siswa yang menerapkan pembelajaran langsung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:49
Last Modified: 27 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3775

Actions (login required)

View Item View Item