Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH RASIO GEOMETRI ALUR PASAK POROS TERHADAP KEGAGALAN FATIGUE

FAHMIANSYAH, BACHR (2019) PENGARUH RASIO GEOMETRI ALUR PASAK POROS TERHADAP KEGAGALAN FATIGUE. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Pengaruh Rasio Geometri Alur Pasak Poros Terhadap Kegagalan Fatigue_Full Text_Bachry Fahmiansyah_3331160023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Pengaruh Rasio Geometri Alur Pasak Poros Terhadap Kegagalan Fatigue_Cover s.d. Abstrak_Bachry Fahmiansyah_3331160023.pdf

Download (544kB)

Abstract

Fatigue merupakan salah satu penyebab kerusakan dari suatu poros. Kerusakan fatigue tidak dapat diprediksi, bisa terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu perlu diteliti lebih lanjut tentang penyebab kegagalan fatigue. Pada penelitian sebelumnya sudah banyak yang melakukan improvement pada material yang biasa digunakan sebagai poros untuk meningkatkan kekuatan fatigue, tetapi masih sedikit penelitian yang membahas pengaruh kondisi permukaan pada poros terhadap kekuatan fatigue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio geometri alur pasak poros terhadap kegagalan fatigue dengan melihat pada rasio kedalaman berapa material akan cepat patah. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software SolidWorks. Simulasi fatigue yang digunakan yaitu tipe rotary bending dengan standar pengujian ASTM E466. Varian rasio alur pasak yaitu 3:1 mm, 3:2 mm, dan 3:3 mm dengan masing-masing diberi beban 40%, 50%, 60%, 70%, dan 80% dari ultimate tensile strength material. Semakin tinggi rasio geometri alur pasak, maka akan semakin pendek umur dari poros yang digunakan dan begitu juga sebaliknya, karena kedalaman alur pasak dapat menjadi lokasi permulaan retak pada material. Tegangan yang bekerja pada material juga akan semakin besar jika rasio geometri alur pasak pada poros semakin besar sehingga dapat menyebabkan perpatahan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSunardi, SunardiUNSPECIFIED
Thesis advisorListijorini, ErnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fatigue, Poros, Pasak, Simulasi, SolidWorks.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Jul 2024 14:17
Last Modified: 05 Jul 2024 14:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37685

Actions (login required)

View Item View Item