Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus Pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Kabupaten Yahukimo - Papua)

KUSYARI, RAHMAT JUANG (2019) EVALUASI MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus Pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Kabupaten Yahukimo - Papua). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Archive (Fulltext)
Skripsi_Rahmat Juang K_3333130805.zip
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam melaksanakan sebuah proyek diperlukan perencanaan yang baik. Apabila proyek tidak berjalan dengan baik maka diperlukan adanya evaluasi. Evaluasi proyek dapat dilakukan dengan metode Critical Path Method (CPM) dan Project Evaluation Review Technique (PERT). Proyek yang dievaluasi menggunakan CPM dan PERT tidak selalu merupakan proyek konstruksi, melainkan dapat juga dilakukan pada proyek seperti pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi di Kabupaten Yahukimo ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung selama berjalannya proyek untuk mendapatkan data urutan kegiatan dan durasinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk diagram jaringan kerja apabila perencanaannya menggunakan CPM dan PERT serta menentukan jalur kritis dari proyek tersebut. Dari hasil perhitungan PERT diperoleh probabilitas 0,0047 % untuk menyelesaikan proyek dalam waktu 175 hari sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Sedangkan untuk menyelesaikan proyek dengan probabilitas sebesar 99.99 % dibutuhkan waktu 293 hari dengan probabilitas 99,996%. Wajar jika kontraktor mengalami keterlambatan untuk menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu yang tertera dalam kontrak. Akibat keterlambatan itu perusahaan diharuskan membayar denda sebesar Rp. 466.666.648,-.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Proyek, CPM, PER
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Jul 2024 14:10
Last Modified: 05 Jul 2024 14:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37667

Actions (login required)

View Item View Item