Fhuzi Fhangesti, Anggi (2017) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS V. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS V.PDF Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
SDIT Al Izzah Kota Serang dibangun dengan budaya agamis, prestasi dan bersih, sehingga budaya tersebut melekat pada diri setiap guru dan siswa di lingkungan sekolah. Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDIT Al Izzah Kota Serang menekankan pada unsur keterpaduan dalam penggunaan metode pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Selain itu, pembelajaran dilakukan dengan memasukkan beberapa unsur Agama Islam di dalamnya, kegiatan belajar yang dilakukan di luar lingkungan sekolah, dan guru memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai penunjang kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang meliputi tujuan, materi, pendekatan, metode, teknik, media, langkah-langkah dan evaluasi pembelajaran di kelas V SDIT Al Izzah Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan desain penelitian yaitu studi etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDIT Al Izzah Kota Serang, secara umum pembelajaran telah memuat komponen pembelajaran diantaranya: tujuan, materi, pendekatan, metode, teknik, media, langkah-langkah, dan evaluasi. Secara khusus ditemukan kebiasaan yang unik dan sudah membudaya yakni memperagakan atau bermain peran peristiwa sejarah, kegiatan cerdas cermat, bercerita sejarah, dan mengamati video.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | SDIT Al Izzah Kota Serang dibangun dengan budaya agamis, prestasi dan bersih, sehingga budaya tersebut melekat pada diri setiap guru dan siswa di lingkungan sekolah. Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDIT Al Izzah Kota Serang menekankan pada unsur keterpaduan dalam penggunaan metode pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Selain itu, pembelajaran dilakukan dengan memasukkan beberapa unsur Agama Islam di dalamnya, kegiatan belajar yang dilakukan di luar lingkungan sekolah, dan guru memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai penunjang kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang meliputi tujuan, materi, pendekatan, metode, teknik, media, langkah-langkah dan evaluasi pembelajaran di kelas V SDIT Al Izzah Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan desain penelitian yaitu studi etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDIT Al Izzah Kota Serang, secara umum pembelajaran telah memuat komponen pembelajaran diantaranya: tujuan, materi, pendekatan, metode, teknik, media, langkah-langkah, dan evaluasi. Secara khusus ditemukan kebiasaan yang unik dan sudah membudaya yakni memperagakan atau bermain peran peristiwa sejarah, kegiatan cerdas cermat, bercerita sejarah, dan mengamati video. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 02:08 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3765 |
Actions (login required)
View Item |