Yudanti, Fania (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLEMENTASI.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa teknologi semakin berkembang saja di dunia. Perkembangannya semakin pesat sehingga setiap individu dituntut untuk mampu mengimbanginya dengan sikap yang positif. Perkembangan terknologi di era global ini juga salah satunya berpengaruh terhadap dunia pendidikan, mengingat bahwa pendidikan merupakan kebutuhan. Oleh karenanya diperlukan nilai-nilai pendidikan karakter guna memberikan pembinaan nilai-nilai karakter terhadap generasi muda penerus bangsa agar tidak menyimpang dari norma-norma kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia?, dan (2) bagaimana Implementasi pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel RumahTanpa Jendela karya Asma Nadia?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia, dan (2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia sangat kuat. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia tersebut antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil analisis ini dimanfaatkan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA kelas XI.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa teknologi semakin berkembang saja di dunia. Perkembangannya semakin pesat sehingga setiap individu dituntut untuk mampu mengimbanginya dengan sikap yang positif. Perkembangan terknologi di era global ini juga salah satunya berpengaruh terhadap dunia pendidikan, mengingat bahwa pendidikan merupakan kebutuhan. Oleh karenanya diperlukan nilai-nilai pendidikan karakter guna memberikan pembinaan nilai-nilai karakter terhadap generasi muda penerus bangsa agar tidak menyimpang dari norma-norma kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia?, dan (2) bagaimana Implementasi pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel RumahTanpa Jendela karya Asma Nadia?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia, dan (2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia sangat kuat. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia tersebut antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil analisis ini dimanfaatkan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA kelas XI. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 01:54 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 01:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3762 |
Actions (login required)
View Item |