Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MINI PERFORMANCE PROJECT (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A di PADU Al-Kautsar Serang-Banten)

APRIANI, ATIK (2017) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MINI PERFORMANCE PROJECT (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A di PADU Al-Kautsar Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MINI PERFORMANCE PROJECT (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA A.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Name: Atik Apriani. NIM: 2228131767. Tittle: Increasing Self-Confident through Mini Performance Project (Classroom Action Research on Group A of Children in PADU Al-Kautsar Serang-Banten). Early Childhood Education Department (PG PAUD). Teacher Training Education Faculty. Confidence is a positive attitude of a child either to himself, the environment or to the situation faced that is formed and developed through the process of learning and social interaction with others. The confidence of children aged 4-5 years in PADU Al-Kautsar Serang Banten is still low. The purpose of this research is; 1) to know the process of applying the mini performance project in improving the confidence of the children of group A in PADU AL-Kautsar; and 2) to improve children's confidence through the implementation of mini performance project in group A in PADU Al-kautsar Serang-Banten. The method in this research is classroom action research method, in this research consist of two cycles, with success criteria reach 65%. Subjects in this study were children aged 4-5 years in PADU Al-Kautsar Serang Banten with the number of 10 children. This classroom action research procedure uses Kemmis and Mc Teggart model consisting of 3 stages: planning, action and observation, reflection. The data collection process is done through observation, field notes, interview notes and documentation notes. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that 1) the application of mini performance project can increase the confidence of children aged 4-5 years. The stages in applying the mini performance project include: a) the design of project activities; B) implementation of project activities; And c) assessment of project activities; And 2) the percentage increase of confidence of children can be seen from the initial condition of the average class by 30% and then in the first cycle increased to 48%, in the second cycle has increased significantly to 77% and has met the predetermined success criteria.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Nama: Atik Apriani. NIM: 2228131767. Judul: Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Mini Performance Project (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A di PADU Al-Kautsar Serang-Banten). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang anak baik terhadap dirinya sendiri, lingkungan ataupun terhadap situasi yang dihadapi yang terbentuk dan berkembang melalui proses belajar dan interaksi sosial dengan orang lain. Kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di PADU Al-Kautsar Serang Banten masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui proses penerapan mini performance project dalam meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok A di PADU AL-kautsar; dan 2) untuk meningkatan kepercayaan diri anak melalui penerapan mini performance project pada kelompok A di PADU Alkautsar Serang-Banten. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan kriteria keberhasilan mencapai 65%. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PADU Al-Kautsar Serang Banten dengan jumlah 10 orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Teggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Proses pengumpulan data dilkukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan mini performance project dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun. Adapun tahapan dalam penerapan mini performance project meliputi: a) rancangan kegiatan proyek; b) pelaksanaan kegiatan proyek; dan c) penilaian kegiatan proyek; dan 2) peningkatan persentase kepercayaan diri anak dapat dilihat dari kondisi awal rata-rata kelas sebesar 30% kemudian di siklus I meningkat menjadi 48%, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 77% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditentukan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:47
Last Modified: 27 Oct 2021 01:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item View Item