Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5&6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI PAUD Genius SERANG BANTEN

NISA, MUFLIHATUN (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5&6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI PAUD Genius SERANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUASN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu alternatif Metode pembelajaran di Tk dengan suasana bermain yang nyaman, menyenangkan dan menggunakan metode yang tepat agar hasil belajar siswa meningkatkan metode demonstrasi salah satu metode yang di tawarkan dan dipilih oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak dan sebagai hasil belajar. Metode demonstrasi menekankan pada proses pembelajaran dan bukan pada hasil pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penulis merasa tertarik untuk megangkat hal tersebut mejadi kajian penelitian. Tujuannya adalah untuk mengetahui kegiatan metode demonstrasi, kemampuan menyimak anak dan untuk mengetahui keg iatan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimak anak di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang. Dalam penelitian ini penulis membuat hipotesis tindakan dalam PTK, bahwa jika siswa di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang mampu megikuti apa yang dijelaskan guru dalam menetapkan langkah – langkah pada proses penerapan metode demonstrasi secara benar maka kemampuan menyimak anak pun akan meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus percobaan dan data diperoleh melalui pengamatan terhadap siswa di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang. Kesimpulan yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian siklus I belum semua anak mampu menyimak dengan baik. Sedangkan pada siklus ke II anak – anak di PAUD Genius Cipocok Jaya Kota Serang sudah mengalami peningkatan dalam kemampuan menyimak. Sehingga dapat dikatakan pula bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimak anak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianiUNSPECIFIED
Additional Information: Sebagai salah satu alternatif Metode pembelajaran di Tk dengan suasana bermain yang nyaman, menyenangkan dan menggunakan metode yang tepat agar hasil belajar siswa meningkatkan metode demonstrasi salah satu metode yang di tawarkan dan dipilih oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak dan sebagai hasil belajar. Metode demonstrasi menekankan pada proses pembelajaran dan bukan pada hasil pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penulis merasa tertarik untuk megangkat hal tersebut mejadi kajian penelitian. Tujuannya adalah untuk mengetahui kegiatan metode demonstrasi, kemampuan menyimak anak dan untuk mengetahui keg iatan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimak anak di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang. Dalam penelitian ini penulis membuat hipotesis tindakan dalam PTK, bahwa jika siswa di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang mampu megikuti apa yang dijelaskan guru dalam menetapkan langkah – langkah pada proses penerapan metode demonstrasi secara benar maka kemampuan menyimak anak pun akan meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus percobaan dan data diperoleh melalui pengamatan terhadap siswa di PAUD Genius Cipocok Jaya Serang. Kesimpulan yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian siklus I belum semua anak mampu menyimak dengan baik. Sedangkan pada siklus ke II anak – anak di PAUD Genius Cipocok Jaya Kota Serang sudah mengalami peningkatan dalam kemampuan menyimak. Sehingga dapat dikatakan pula bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menyimak anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:42
Last Modified: 27 Oct 2021 01:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item