Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-ROHMAH CILEGON

SEKAR VIOLITA, ANISSA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-ROHMAH CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA A.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Name : Anissa Sekar Violita. NIM : 2228122441. Title : Improving Early Science Ability Through Experimental Methods of children aged 4-5 Years Old in RA Ar-Rohmah Cilegon. Early Childhood Education Teacher Department (PGPAUD). Faculty of Teacher Training and Education. Early science ability is the ability of the child’s early stage in learning the events or symptoms that occur in the environment by experiments and observations that can foster child’s interest in learning natural phenomena as a form of adaptation to the environment so resulting in new knowledge and experience for the child. Experimental methods is the way of teaching where child is doing experimental activities by experiencing and proving itself. The purpose of this research are (1) to know the process of implementation of experimental methods in improving the early science ability of children aged 4-5 years old in RA Ar-Rohmah Cilegon; (2) to know the improvement of early science ability of children aged 4-5 years old in RA Ar-Rohmah Cilegon after applied experimental methods. The methods used in this research is action research conducted in 2 cycles, where the first cycle as many as 8 meetings and at the second cycle as many as 6 meetings. Subject of this research were 16 children that consisting of 8 girls and 8 boys. The technique of collecting data used are observation, interviews, fieldnotes and documentation. Data were analyzed using qualitative and quantitative data. The result showed, (1) There are some steps of process applying the experimental method, that is preparation steps, implementation, core activities, and closing activities. (2) Before applying experimental methods, children’s early science ability as many 26%. After carried out research by applying experimental methods as learning methods, then an increase being 52% in first cycle and at second cycle increase being 72%. So it can be concluded that the experimental methods can improve early science ability of children aged 4-5 years old in RA Ar-Rohmah Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Nama : Anissa Sekar Violita. NIM : 2228122441. Judul : Meningkatkan Kemampuan Sains Permulaan Melalui Metode Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar-Rohmah Cilegon. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kemampuan sains permulaan merupakan kemampuan tahap awal anak dalam mempelajari kejadian atau gejala yang terjadi di lingkungan sekitar dengan cara melakukan percobaan dan pengamatan yang dapat menumbuhkan ketertarikan anak dalam mempelajari fenomena alam sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan sehingga menghasilkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi anak. Metode eksperimen adalah cara pengelolaan pembelajaran dimana dalam prosesnya anak melakukan aktifitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan sains permulaan pada anak kelompok A di RA Ar-Rohmah Cilegon; (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains permulaan pada anak kelompok A di RA Ar-Rohmah Cilegon setelah diterapkan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I sebanyak 8 pertemuan dan siklus II sebanyak 6 pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses penerapan metode eksperimen terdapat beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Kemampuan sains permulaan anak sebelum dilaksanakan penelitian adalah sebesar 26%. Setelah dilaksanakan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen, maka diperoleh peningkatan kemampuan sains permulaan anak menjadi 52% pada siklus I dan di siklus II kemampuan sains permulaan anak meningkat mencapai 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Ar- Rohmah Cilegon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Oct 2021 00:59
Last Modified: 27 Oct 2021 00:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item