Dzisye, Humaira (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI INSTRUKTUR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN AIR TAWAR DI LKP SANGGAR BUDAYA AN-NAHDLAH PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
HUBUNGAN KOMPETENSI INSTRUKTUR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN AIR TAWAR DI LKP SANGGAR BUDAYA AN-NAHDLAH PANDEGLANG.PDF Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
In the process, learning to instruct instructors as teachers is the creator of learning conditions in which the instructor is responsible for the education of the learners. Therefore, the instructor should have a good level of competence in carrying out his duties as a teacher either pedagogical competence, personality competence, professional competence and social competence. With this competence, it is expected that the instructor can motivate the students to learn better, so that the expected learning result is a satisfactory achievement. The purpose of this research is to know the correlation of pedagogic competence, personality competence, professional competence and social competence of instructor in improving the learning result of freshwater fish processing trainees at LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah in Pandeglang. The research approach used in this research is quantitative research with research method used in this research is using non experiment method. This research is a correlation research, because it aims to test the influence or correlation between several research variables and to identify predictive relationships using correlation techniques or more sophisticated statistical techniques. The results obtained that, (1) the level of competence of instructors in LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah Pandeglang according to the distribution of data obtained in the level enough with a large percentage of pedagogic competence of 87.2%, personal competence of 76.6%, professional competence of 79.3%, and social competence 80.0%. (2) there is a relationship between instructor's competence (pedagogic, personality, professional, and social) in improving learning outcomes.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Dalam prosesnya, belajar mengajar instruktur sebagai pengajar merupakan pencipta kondisi belajar dimana instruktur bertanggungjawab terhadap pendidikan peserta didiknya. Oleh sebab itu instruktur sebaiknya memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dengan adanya kompetensi tersebut diharapkan instruktur dapat memotivasi peserta didik untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial instruktur dengan hasil belajar peserta pelatihan pengolahan ikan air tawar di LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah di Pandeglang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode non eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, karena bertujuan untuk menguji pengaruh atau korelasi diantara beberapa variabel penelitian dan untuk mengidentifikasi hubungan prediktif dengan menggunakan teknik korelasi atau teknik statistika yang lebih canggih. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya, (1) tingkat kompetensi instruktur di LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah Pandeglang sesuai distribusi data yang diperoleh berada ditingkat yang cukup dengan besar persentase kompetensi pedagogik sebesar 87,2%, kompetensi kepribadian sebesar 76,6%, kompetensi profesional sebesar 79,3%, dan kompetensi sosial 80,0%. (2) ada hubungan antara kompetensi instruktur (pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial) dengan hasil belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2021 08:57 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2021 08:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3757 |
Actions (login required)
View Item |