Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

Maria Ulfa, Siti (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SITI MARIA ULFA (2228131951), Increasing Moral Values Through Storytelling Methods Using Aids In A1 Group Children in Islamic Kindergarten Widya Cendekia Serang-Banten. Department of Teacher Education Early Childhood Education. Faculty of Teacher Training and Education. University of Sultan Ageng Tirtayasa. The purpose of this study is to improve the ability of moral values. The ability of moral values of A1 group children in Kindergarten Islam Widya Cendekia Serang-Banten can be said is still low this can be seen from the lack of awareness of children obey the rules, such as: irregular when marching, not orderly when praying and not yet able to be responsible. The research method used is action research (PT). Research subjects consist of 14 children of Islamic Kindergarten Widya Cendekia which is located in Housing Complex Taman Widiya Asri Block A. 1, Serang city, Banten. The design of the action intervention / design of the research cycle includes the stages of: a) planning, b) action and observation, c) raflection. Data collection techniques through observation, field notes, interviews and documentation notes. Data analysis was obtained from the comparison between the ability of moral values of children before and after action. Results obtained from pre-research that is 45% then after carrying out the action cycle I showed percentage improvement of the moral value of 59%, then the results obtained after the implementation of the action on the second cycle shows the percentage increase in the ability of moral values of 77%. Thus the ability of the child's moral values increases and is at a very good developing stage. So it can be concluded, that through the method of storytelling using props can improve the ability of the moral values of children groups A1 in Islamic TK Widya Cendekia Serang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, CucuUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: SITI MARIA ULFA (2228131951), Meningkatkan Kemampuan Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Menggunakan Alat Peraga Pada Anak Kelompok A1 di TK Islam Widya Cendekia Serang-Banten. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan nilai moral. Kemampuan nilai moral anak kelompok A1 di TK Islam Widya Cendekia Serang- Banten dapat dikatakan masih rendah hal ini bisa dilihat dari kurangnya kesadaran anak mematuhi peraturan, seperti: tidak teratur ketika berbaris, belum tertib ketika berdoa dan belum mampu untuk bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (PT). Subjek penelitian terdiri dari 14 anak TK Islam Widya Cendekia yang berlokasi di Komplek Perumahan Taman Widiya Asri Blok A No. 1, kota Serang, Banten. Desain interfensi tindakan/rancangan siklus penelitian ini meliputi tahap-tahap: a) perencanaan, b) tindakan dan pengamatan, c) rafleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan nilai moral anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil yang diperoleh dari pra penelitian yaitu 45% kemudian setelah melaksanakan tindakan siklus I menunjukan presentase peningkatan kemampuan nilai moral sebesar 59%, selanjutnya hasil yang diperoleh setelah malaksanakan tindakan pada siklus II menunjukan presentase peningkatan kemampuan nilai moral sebesar 77%. Dengan demikian kemampuan nilai moral anak meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulakan, bahwa melalui metode bercerita menggunakan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan nilai moral anak kelompok A1 di TK Islam Widya Cendekia Serang- Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:49
Last Modified: 26 Oct 2021 08:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3754

Actions (login required)

View Item View Item